OBAT HERBAL
Jeruk Nipis Hilangkan Bekas Jerawat

ilustrasiilustrasi

ilustrasi

Jeruk nipis merupakan salah satu buah pilihan sehat yang bisa didapatkan sehari-hari. Selain itu jeruk nipis berguna untuk menjaga kesegaran kulit wajah dan menghilangkan noda jerawat.

Konsultan Gizi Homecare Jogja, Esti Nur mengatakan, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi. Buah dengan nama latin citrus aurantifolia memiliki rasa asam dan sedikit pahit. “Gizi yang dimiliki bisa digunakan untuk membantu merawat kulit wajah secara alami,” ujar Esti, kemarin (17/6).

Menurutnya, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Selama ini jeruk nipis banyak digunakan pelanggan konsultasi gizi sebagai konsumsi diet. Di sisi lain, ekstrak jeruk nipis banyak digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan.

“Untuk kandungannya, dalam nipis ada vitamin B1, belerang, asam sitrun, glikosida, damar, minyak atsiri, asam amino, asam sitrat, minyak terbang, dan lainnya,” kata dia. Dengan kandungan gizi itulah jeruk nipis digunakan sebagai buah alternatif merawat kecantikan dan mendukung kesehatan. 

Noda Jerawat

Khasiat jeruk nipis cukup manjur untuk mengatasi noda jerawat di wajah. Dengan pemakaian secara alami dan sederhana, cara perawatannya mampu membersihkan noda dan melembabkan kulit wajah.

Irisan jeruk nipis yang telah diperas menjadi alat untuk membantu merawat kulit wajah. “Sebenarnya baik digunakan sehari-hari, kulit jadi segar dan lembab, tapi kadang malas saja karena  harus potong-potong jeruk nipis,” kata Wijiyani, salah seorang pemakai jeruk nipis untuk perawatan, Minggu.

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa itu sudah membuktikan khasiat jeruk nipis untuk menghilangkan noda jerawat. Ia mengaku selama ini hampir setiap bulan sekali jerawatnya muncul menjelang haid. “Kalau terus-terusan kan jadi tidak pede, saya sempat konsultasi ke salon, lalu dikasih info perawatan alami herbal dengan jeruk nipis,” lanjutnya.

Selain menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan, jeruk nipis juga tidak mahal. Wijiyani mengaku membeli jeruk nipis di Pasar Sentul, Jogja 15 buah seharga Rp10.000 saja. “Sebelum digunakan untuk perawatan kulit wajah, air perasannya kan bisa disisihkan untuk diminum, sehatnya dobel,” ujar dia.

Dikatakan dia, penggunaan jeruk nipis untuk wajah dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut, awalnya jeruk nipis dipotong dua bagian. Setelah itu air jeruk nipis diperas, bisa untuk diminum tetapi juga bisa dicampur dengan madu untuk masker wajah.

Setelah jeruk diperas, kulit dengan sisa daging yang ada bisa dipakai dengan digosokkan pada wajah. “Kandungan air jeruk nipis bisa mengurangi minyak di wajah, kalau masker campuran madu  ada antiseptiknya untuk bersihkan jerawat,” ujarnya.

Editor: | dalam: Kesehatan |

19 Komentar pada “OBAT HERBAL: Jeruk Nipis Hilangkan Bekas Jerawat”

  1. 22 Juni 2012 pukul 06:56

    thask tips nya. . .

  2. cream pemutih wajah alami
    5 Oktober 2012 pukul 10:53

    terima kasih infonya

  3. sedusa
    10 Oktober 2012 pukul 14:27

    kalau saya jeruk nipis dipotong tipis dan langsung sy oles2kan kepermukaan wajah… jd gak diperas dl. bisa juga gak spt itu? sy br tau kl airnya hrsnya diperas dl jd pakai ampas dagingnya aja ya? saya salah donk??
    :(

  4. calgara
    24 November 2012 pukul 10:12

    kalo saya malah airnya doang yg di pake,,..
    salah donk,.
    tapi efeknya bagus kok,,.

  5. hama
    8 Desember 2012 pukul 07:45

    makainya itu brapa kali sehari..????

  6. wulan
    13 Desember 2012 pukul 08:28

    thank infonya,sangat bermanfaat

  7. hilda
    14 Desember 2012 pukul 04:11

    thank’s yach… bwt share nya :)

  8. mincreunk
    18 Desember 2012 pukul 10:36

    mau nyobain ah,mudah2an sukses

  9. rusly
    22 Desember 2012 pukul 22:31

    :: saya mau mencoba cara d’atas karena bekas” jerawat saya susah d’hilangkan…
    semoga cara jeruk nipis bisa menghilangkan bekas jeraawat saya ::

    • frans
      28 Desember 2012 pukul 18:52

      makasih atas tipsnya smoga bekas jerawatku bisa segera hilang.amin

  10. juli andriani
    31 Desember 2012 pukul 15:49

    waah bgitu hebat khasiat jeruk nipis,sy akan cobalh

  11. Alief
    1 Januari 2013 pukul 09:30

    semoga obat ini cocok buat aku yaa

  12. Rhenyta
    4 Januari 2013 pukul 21:09

    mkasih inf0′nya
    ,nyoba ah

  13. YANDI
    5 Januari 2013 pukul 16:31

    Wahh boleh di COBA tuh,, •-??•??•?thank you•??•?-??•-? gan,,

  14. wisnu algiri
    14 Januari 2013 pukul 18:59

    perih tu….

  15. ratna m
    24 Januari 2013 pukul 18:46

    perihnyaaaa bukan main dahh.

  16. lao
    1 Februari 2013 pukul 00:13

    engga perih ko gan saya udah nyoba cuma rasanya jadi gatal

  17. hatta
    13 Maret 2013 pukul 15:54

    berapa kLi shari pakai jrUk nipis’a k mUka

  18. Natasya Wijaya
    4 April 2013 pukul 15:33

    Thanks for the info :)
    Smga brmanfaat bgi smuanya. . .

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »