News
Jumat, 15 Juni 2012 - 13:16 WIB

100% SISWA SD di Solo Lulus Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Semua siswa kelas VI SD di Kota Solo dinyatakan lulus sekolah. Hal itu berdasarkan data yang diperoleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, dari Dinas Provinsi Jawa Tengah, Kamis (14/6/2012).

Advertisement

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, Disdikpora Solo, Supraptiningsih, Jumat (15/6/2012) mengungkapkan jumlah peserta Ujian Nasional (UN) SD Kota Solo sebanyak 10.901 siswa yang berasal dari 273 SD negeri dan swasta.

Kelulusan siswa SD ditentukan berdasarkan Nilai Akhir (NA) yang merupakan gabungan 60% nilai UN dan 40% nilai sekolah (NS).  “Tahun ini siswa SD di Solo lulus 100%,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Berbeda dengan sistem kelulusan di jenjang SMP dan SMA, ungkapnya, pada jenjang SD tidak diadakan rapat pleno untuk menentukan kelulusan siswa. Pasalnya sebelum pelaksanaan UN, setiap sekolah sudah diminta mengumpulkan nilai standar kelulusan (SKL). Setelah nilai UN jadi, ungkapnya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah langsung mengolahnya dengan NS dan SKL sehingga langsung ditentukan angka kelulusannya.

Advertisement

Sementara pengumuman kelulusan, ungkapnya, dijadwalkan Sabtu (16/6) pukul 10.00 WIB, serentak di semua sekolah. Orangtua dan siswa bisa mengambil pengumuman kelulusan di sekolah masing-masing.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Lulus Sekolah Siswa SD Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif