Soloraya
Selasa, 12 Juni 2012 - 16:58 WIB

LKTS BOYOLALI Buka Posko Pengaduan Keluarga TKI Suriah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Lembaga Kajian untuk Transformasi Sosial (LKTS) Boyolali membuka Posko pengaduan untuk keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di Suriah.  Pembukaan Posko pengaduan ini menyusul adanya krisis yang tengah terjadi di salah satu negara di kawasan Timur Tengah ini.

Advertisement

Direktur LKTS Boyolali, Ismail Al Habib mengatakan, Posko pengaduan ini dengan leading dari Migrant Care. Pengaduan tersebut akan didata dan dikirimkan ke Migrant Care untuk selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).  “Posko ini dibuka pada tanggal 7 Juni hingga Juli mendatang. Bagi keluarga yang memunyai anggota keluarga di Suriah bisa mengadukannya,” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (12/6/2012).

Ismail menjelaskan, hingga saat ini jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Suriah masih simpang siur. Oleh karena itu, keluarga yang berasal dari Boyolali bisa mengadukannya ke Posko di LKTS.  Lebih lanjut ia menerangkan, keluarga bisa mengadu dan akan diminta untuk mengisi form pengaduan. Antara lain, berisi identitas diri, tempat pekerja, pemberangkatan dan sebagainya.

Pihaknya menjelaskan, hingga saat ini belum ada keluarga TKI asal Boyolali yang mengadu ke Posko. Aduan ini nantinya selain dilaporkan ke Kemenlu juga disampaikan ke publik dan bisa dicek online.  “Kami belum mengecek ke dinas terkait jumlah TKI asal Boyolali yang ada di Suriah. Meskipun demikian, kami membuka Posko ini secara terbuka,” imbuhnya.

Advertisement

Sementara itu, Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Boyolali, Suparso mengatakan, menurut data yang ada pada dinas, tidak ada warga Boyolali yang menjadi TKI di Suriah. Meski demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan jika ada warga Boyolali yang ada di sana.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif