CALON DUBES
Komisi I DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Dubes

1206dpr

JAKARTA-Komisi I DPR pagi ini akan menggelar fit and proper test kepada 21 calon duta besar yang akan bertugas di luar negeri. Fit and Proper Test ini rencananya akan berlangsung secara tertutup.

“Mulai pukul 10.00 WIB. Tapi fit and proper test selalu dilaksanakan tertutup,” ujar anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya kepada detikcom, Selasa (12/6/2012).

Tantowi mengatakan paling tidak ada tiga hal yang akan didalami dari masing-masing calon dubes tersebut. Pertama mengenai visi dan misi, kedua mengenai kemampuan diplomasi dan ketiga soal penguasaan bahasa asing.

Tantowi berharap para dubes ini nantinya memiliki program yang jelas dan terukur di segala bidang terutama ekonomi.

“Perwakilan tidak boleh terjebak dalam arena politik seperti yang kami nilai saat ini. Perwakilan kita harus mempunyai korelasi ekonomi dengan rakyat Indonesia,” ungkap Wasekjen Golkar ini.

Tantowi enggan berkomentar mengenai apakah ke-21 calon dubes ini semua sudah memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Komisi I DPR. “Belum tahu karena fit and proper test belum berlangsung,” tutupnya.

Informasi yang diperoleh, dari daftar calon Dubes itu ada sejumlah nama yang cukup dikenal publik. Misalnya mantan KSAU Marsekal (Purn) Herman Prayitno, Akmil angkatan ’73 dan dikenal dekat dengan Presiden SBY. Herman akan menduduki pos Dubes RI di Malaysia.

Ada juga mantan Wamen Triono Wibowo yang akan menduduki pos PTRI di Jenewa. Dan juga August Parengkuan wartawan Kompas yang akan duduk sebagai Dubes RI di Italia.

Berikut daftar 21 nama calon Dubes yang diajukan pemerintah ke DPR

1. Yordania – Teguh Wardoyo
2. Kazhakstan – Foster Gultom
3. Yunani – Benny Bahadewa
4. Slovakia – Djumantoro
5. Australia – Nadjib
6. Tanzania – Zakaria Anshar
7. Bangladesh – Iwan Wira
8. Timor Timur- Primanto
9. Pakistan – Burham
10. Afghanistan – Anshory Tadjuddin
11. Srilanka – Harimawan
12. Malaysia – Herman Prayitno
13. Ukraina – Niniek Koen
14. Italia – August Parengkuan
15. Yaman – Wajid Fauzi
16. Korsel – John Prasetyo
17. Tunisia – Ronny Prasetyo
18. Austria – Rahmat Budiman
19. PTRI Jenewa – Triono Wibowo
20. India – Rizali
21. Bahrain – Chilman Arisman

Editor: | dalam: News |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »