Soloraya
Kamis, 7 Juni 2012 - 22:08 WIB

PEPAYA MJ9: Bupati Panen Pepaya MJ9

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PANEN PEPAYA--Bupati Boyolali, Seno Samodro tengah memanen pepaya di Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kamis (7/6/2012). Panen ini sekaligus launching pepaya MJ9. ( Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)


PANEN PEPAYA--Bupati Boyolali, Seno Samodro tengah memanen pepaya di Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kamis (7/6/2012). Panen ini sekaligus launching pepaya MJ9. (
Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

MOJOSONGO--Bupati Boyolali, Seno Samodro melakukan panen raya pepaya jenis baru,  MJ9 di Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kamis (7/6/2012).

Advertisement

Panen ini sekaligus launching jenis pepaya MJ9 yang telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pertanian. “Banyak jenis pepaya yang diusulkan untuk mendapatkan sertifikasi. Akan tetapi, baru MJ9 ini yang tersertifikasi,” ujarnya di sela panen raya, Kamis (7/6/2012).

Pepaya jenis MJ9 ini mendapat sertifikat  dari Kementerian Pertanian dengan registrasi  kualitas tanaman dan holtikultura no  4575/KPTS/SR 120/11/2011. Pepaya ini merupakan hasil perkawinan jenis pepaya lokal dengan pepaya jenis Thailand.

Bupati menjelaskan, jenis pepaya baru ini cukup uniknya, MJ9 mau tumbuh di wilayah Mojosongo saja. Oleh karena itu, potensi ini harus bisa dioptimalkan dengan baik. Bupati menambahkan, sudah ada tawaran pasar ekspor dari luar negeri yakni Timur Tengah. Akan tetapi, ukuran pepaya dengan berat 2kg ini terlalu besar. “Proses ekspor ini tidak mudah. Kita akan menjajakinya terlebih dahulu. Kami berharap, masyarakat membudidayakan pepaya MJ9 ini,” jelasnya

Advertisement

Sementara Kades Karangnongko, Siswanto pun mengurai kelebihan jenis pepaya ini. “Kelebihan dari jenis pepaya buahnya lebih manis, kulit tipis, kenyal, buah tebal  serta tahan lama dan tahan terhadap serangan  penyakit,” kata Kades Karangnongko, Siswanto.

Ia menjelaskan, pepaya ini memiliki daya tahan buah cukup lama. Selain itu, MJ9 cepat panen, hanya dalam waktu 8-10 bulan saja.  Nama pepaya MJ9 ini diperoleh karena bibit tanaman tersebut di berasal dari wilayah Kecamatan Mojosongo. Luas lahan pepaya jenis MJ9 di Desa Karangnongko seluas 25 hektar.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : PANEN PEPAYA Pepaya MJ9
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif