News
Kamis, 7 Juni 2012 - 22:31 WIB

KECELAKAAN SUKHOI: Kotak Hitam Sukhoi Superjet Bocor ke Media

Redaksi Solopos.com  /  Amiruddin Zuhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ist

ist

MOSKOW–Upaya pencarian penyebab jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak sedikit terungkap setelah sebagian isi kotak hitam pesawat itu bocor ke media di Rusia.

Advertisement

Sumber anonim itu kepada media mengatakan dalam rekaman kotak hitam terdengar kru lain sempat mengingatkan dan mencoba menghalang-halangi aksi sang pilot tersebut. Peringatan muncul beberapa menit sebelum manuver berisiko itu dilakukan dan akhirnya menabrak tebing dan menyebabkan 45 orang yang ada di burung besi itu meninggal.

Surat Kabar Moskovsky Komsomolets, seperti dikutip Telegraph, Kamis (6/6) mengatakan pilot sudah diingatkan ada beberapa titik yang tidak boleh dilewati. “Kapten kita tidak bisa pergi ke sana, ada gunung,” demikian bunyi rekaman yang bocor seperti dikutip media tersebut. Suara yang diduga dari kru lain itu terdengar dengan intonasi berteriak Namun peringatan itu tidak diperdulikan Alexander Yablontzev yang menjadi pilot.

Bahkan disebutkan pula sebelum akhirnya jatuh, pesawat itu dua kali nyaris menabrak tebing. Dugaan itu diambil dari rekonstruksi kecelakaan yang dilakukan sejumlah ahli penerbangan Rusia.

Advertisement

Namun sejumlah pihak mengingatkan, keputusan untuk menyalahkan pilot akan menjadi opsi paling nyaman bagi Rusia. Hal itu untuk mengamankan pasar Sukhoi. Alexander Yablontzev sendiri dikenal sebagai pilot yang sangat berpengalaman.

Pria berusia 57 tahun itu memiliki lebih dari 10.000 jam terbang dan mengenal baik Superjet sejak diterbangkan perdana pada 2008 lalu. Namun memang masih menjadi tanda tanya besar kenapa pilot sekelas dia bisa mengambil keputusan untuk minta turun dari ketinggian 3.000 meter menjadi 1.800 meter beberapa menit sebelum kecelakaan nahas itu.

 

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif