News
Rabu, 6 Juni 2012 - 09:30 WIB

GERHANA VENUS Terjadi Hingga pukul 11.00 WIB

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA--Apabila Anda merasa bakal mampu melihat gerhana Venus yang terjadi lagi pada 2117, Anda boleh melewatkan kesempatan untuk menjadi saksi dari fenomena astronomi ini.

Peristiwa yang sangat langka ini terjadi saat Planet Venus berada di antara Bumi dan matahari. Kelangkaan transit Venus ini melampaui jarangnya kemunculan gerhana matahari. Adapun, penduduk Bumi akan bisa menyaksikan transit Venus terakhir pada abad ini, Rabu (6/6/2012) mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Advertisement

Saat ini Planet Venus melintasi bagian depan Matahari dan sejajar dengan Bumi, sehingga terlihat seperti noktah hitam pada lingkaran matahari dari Bumi.

“Kasarnya, seperti matahari punya bintik berjalan. Nah, bintik berjalannya itu Venus,” jelas Nurdiansah, anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) kepada di Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, akhir pekan kemarin.

Menurut Nurdiansah, warga Jakarta bisa melihat transit Venus dari observatorium atau Dak Takahashi, yang ada di Planetarium dan Observatorium Jakarta di kompleks TIM pada 6 Juni 2012 pukul 08.00 pagi hingga 11.00 siang. HAAJ juga bekerja sama dengan situs astronomi www.langitselatan.com untuk melakukan pengamatan di Atambua, Nusa Tenggara Timur dan Ambon, Maluku.

Advertisement

Transit Venus disebut peristiwa langka, karena polanya berulang setiap 243 tahun sekali. Polanya, Planet Venus berada di antara Matahari dan Bumi dengan rentang waktu 8 tahun, kemudian 121,5 tahun, lalu 8 tahun dan transit selanjutnya 105,5 tahun. Setelah itu polanya kembali berulang.

Menurutnya, transit Venus berikutnya baru akan terjadi 105,5 tahun lagi, tepatnya 11 Desember 2117.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gerhana Venus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif