Soloraya
Rabu, 6 Juni 2012 - 09:45 WIB

GERHANA VENUS Dapat Disaksikan di Observatorium Assalaam Kartasura

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 060612_DPE_SOLO_TRANSIT VENUS1 JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya TRANSIT VENUS- Foto planet Venus terlihat sangat kecil dibandingkan Matahari saat terjadi fenomena Transit Venus dari Observatorium PPMI Assalam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (6/6). Fenomena Transit Venus, merupakan peristiwa planet Venus melintas di antara Matahari dan Bumi dan diperkirakan akan terjadi lagi satu abad kemudian.


TRANSIT VENUS- Foto planet Venus terlihat sangat kecil dibandingkan Matahari saat terjadi fenomena Transit Venus dari Observatorium PPMI Assalam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (6/6/2012). Fenomena Transit Venus, merupakan peristiwa planet Venus melintas di antara Matahari dan Bumi dan diperkirakan akan terjadi lagi satu abad (kemudian.JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SUKOHARJO–Gerhana Venus yang disebabkan oleh planet Venus yang sedang melintasi Matahari dapat disaksikan jelas, Rabu (6/6/2012) di Observatorium Assalaam Kartasura.

Advertisement

Berdasarkan pantauan sementara, Venus telah menempati posisi lintasan matahari. Menurut pengasuh Club Astronomi Santri Assalaam (CASA)  Assalaam, di Indonesia bagian Barat, khususnya Solo perlintasan Venus baru bisa dilihat sekitar pukul 06.09 WIB. Sementara, di Indonesia Bagian Timur, sudah bisa disaksikan sejak pukul 05.13. Perlintasan Venus itu bakal selesai pukul 11.47.

Sugeng menambahkan bintikan hitam di permukaan Matahari hanya disaksikan melalui Teleskop dan Kacamata Matahari. Fenomena itu, kata Sugeng, terakhir terjadi pada 2004 lalu. Bakal terjadi lagi pada 2117 mendatang.

Sementara, di Indonesia hanya ada lima observatorium yang bisa menyaksikan fenomena itu, salah satunya di Solo. Perlintasan Venus ke Matahari itu, kata Sugeng, bisa disaksikan di seluruh dunia yang saat ini keadaaan siang.Fenomena itu juga menurutnya tidak berdampak apapun terhadap bumi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif