News
Senin, 4 Juni 2012 - 00:28 WIB

REL GANDA: Bongkar Rumah Warga, PT KA Siapkan Dana Rp28 M

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembangunan rel ganda (google.img)

Pembangunan rel ganda (google.img)

SEMARANG-PT Kereta Api (KA) menyiapkan alokasi dana Rp28 miliar, untuk biaya pembongkaran rumah milik warga yang terkena proyek pembangunan double track atau rel ganda.

Advertisement

Kepala Humas PT  KA Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Sapto Hartoyo, mengatakan rumah milik warga yang terkena gusuran pembangunan jalur rel ganda Pekalongan-Bojonenoro sebanyak 1.600 kepala keluarga (KK).

“Kami telah menyiapkan dana Rp28 miliar untuk biaya bantuan bongkar dan pindah bagi 1.600 KK,” katanya di Semarang, Minggu (3/6/2012).

Advertisement

“Kami telah menyiapkan dana Rp28 miliar untuk biaya bantuan bongkar dan pindah bagi 1.600 KK,” katanya di Semarang, Minggu (3/6/2012).

Besarnya nilai bantuan uang, lanjut ia, tidak sama antara satu KK dengan KK lainnya, sebab disesuaikan dengan kondisi bangunan rumah permanen atau semi permanan.

Hanya saja, Sapto mengingatkan kepada warga, bahwa uang tersebut bukan merupakan bentuk ganti rugi atau uang tali asih kepada warga yang rumahnya terkena pembangunan rel ganda.

Advertisement

Dia menambahkan uang Rp28 miliar untuk biaya bongkar dan pindah tersebut berasal dari PT KA, bukan dari Kementerian Perhubungan sehingga warga jangan salah paham.

Sampai sekarang rumah milik warga yang berada di Semarang Timur, mulai dari Stasiun Tawang sudah dilakukan pendataan. Demikian pula dengan wilayah Cepu, Pekalongan, dan Batang.

“Bila tak ada alangan pembayaran biaya bongkar dan pindah dilakukan akhir Juni 2012,” tandasnya.

Advertisement

Meski pembebasan bangunan milik warga yang berada di pinggir rel belum selesaian, namun Sapto menyatakan pembangunan fisik sudah dilakukan sejak Arpil.

Seperti diketahui proyek pembangunan rel ganda Pekalongan (Jateng)- Bojonegoro (Jawa Timur) sepanjang 265 km, terdiri dari Pekalongan-Semarang 90 km dan Semarang-Bojonegoro sepanjang lebih dari 175 km.

Pembangunan itu menelan dana senilai Rp6,7 teriliun, dengan perincian Pekalongan-Semarang Rp2,1 triliun dan  Semarang-Bojonegoro Rp4,6 triliun.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Dana Rp28 M PT KA REL GANDA
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif