Soloraya
Senin, 4 Juni 2012 - 22:11 WIB

BOYOLALI IJO ROYO-ROYO: Sejuta Pohon untuk 19 Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - LAUNCHING IJO ROYO-ROYO--Bupati Boyolali, Seno Samodro (berseragam coklat) saat launching program penghijauan Boyolali Ijo Royo-royo di Semar Resto, Senin (4/6/2012) siang. Boyolali Ijo Royo-royo ini berkomitmen menghijaukan seluruh daerah. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)


LAUNCHING IJO ROYO-ROYO--Bupati Boyolali, Seno Samodro (berseragam coklat) saat launching program penghijauan Boyolali Ijo Royo-royo di Semar Resto, Senin (4/6/2012) siang. Boyolali Ijo Royo-royo ini berkomitmen menghijaukan seluruh daerah. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI--Program penghijauan Boyolali Ijo Royo-royo di-launching di Semar Resto pada Senin (4/6/2012). Sebanyak satu juta bibit pohon ditargetkan ditanam di 19 kecamatan se-Kabupaten Boyolali hingga akhir tahun 2012.

Advertisement

“Bibit yang akan ditanam beraneka ragam disesuaikan dengan kondisi setiap daerah. Di lereng Merapi dan Merbabu misalnya, berbeda jenis tanamannya dengan yang ada di wilayah Boyolali utara,” ujar Ketua Pelaksana Program Ijo Royo-royo, Ribut Budi Santoso dalam sambutannya.

Ribut mengatakan, setiap kecamatan rencananya akan ditanami minimal 20.000 bibit pohon selama tiga bulan yakni Oktober, November dan Desember. Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah pusat dalam rangka menanam satu miliar pohon.

Ia menjelaskan, banyak varietas pohon di Boyolali yang punah lantaran erupsi Merapi dua tahun lalu. Selain itu, jumlah pohon yang berkurang mengakibatkan suhu semakin panas.

Advertisement

“Agar kampanye penghijauan ini sukses, kita undang sejumlah artis pecinta lingkungan. Antara lain, Iwan Fals, Sawung Jabo, Band Sirkus  Barock, Toto Tewel, Elpamas, Achmad Albar dan Ian Antono serta Oppie Andresta,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Seno Samudro berharap dari penanaman itu dapat dinikmati generasi penerus 20 tahun mendatang. “Apapun partai dan pilihannya mari sukseskan program Boyolali Ijo Royo-royo. Kita wajib melestarikan dan menghijaukan Boyolali,” jelasnya.

Sedangkan Duta Lingkungan Hidup, Oppie Andaresta mengatakan, Indonesia adalah paru-paru dunia. Gerakan nasional penghijauan harus disukseskan di semua daerah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif