Soloraya
Jumat, 1 Juni 2012 - 21:00 WIB

FOSIL Kerbau Purba Berumur 700.000 Tahun Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - FOSIL KEPALA KERBAU--Konservator, Dodi Wiranto menunjukan salah satu temuan kepala kerbau purba (bubalus paleo kerabau) di ruang pelestarian Sangiran, Jumat (1/5/2012).(Andi Sumarsono/Espos)

FOSIL KEPALA KERBAU--Konservator, Dodi Wiranto menunjukan salah satu temuan kepala kerbau purba (bubalus paleo kerabau) di ruang pelestarian Sangiran, Jumat (1/5/2012).(Andi Sumarsono/Espos)

SRAGEN--Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran kembali menambah koleksi fosil kepala kerbau purba atau ‘bubalus paleo kerabau’. Konservator BPSMP Sangiran, Dodi Wiranto, 38, saat ditemui Solopos.com, Jumat (1/6/2012), mengatakan, fosil kepala kerbau tersebut ditemukan oleh warga bernama Subur,47, pada Jumat (25/5/2012), di tebing daerah Pucung, Dayu, Gondangrejo, Karanganyar.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, saat penemuan, Subur sedang berjalan-jalan di dekat tebing yang beberapa waktu yang lalu digunakan tim BPSMP Sangiran untuk penelitian.

Saat itu tanah di tebing longsor dan Subur melihat benda aneh mirip kepala kerbau lalu diserahkan kepada pihak BPSMP.

Dodi menambahkan, saat evakuasi  terjadi kesulitan, karena kepala kerbau   itu sudah dilapisi lapisan kapur sehingga mudah hancur. Dia menduga kepala kerbau purba ini berumur lebih dari 700.000 tahun.

Advertisement

Saat ini tim BPSMP Sangiran baru akan mengadakan konservasi, yaitu dengan pembersihan dan pengawetan. Kondisi saat ditemukan kepala kerbau ini tinggal 50% saja. “Kami akan beri lapisan gypsum untuk memperjelas bentuk dan ukuran aslinya,”terangnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif