Sport
Kamis, 31 Mei 2012 - 20:55 WIB

JATENG Siapkan Rp25 M untuk Bonus PON

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO--Atlet Jateng siap-siap diguyur bonus besar bila bisa berjaya di Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012, September nanti. Total anggaran bonus perolehan medali bagi pemain dari Jateng menembus angka Rp25 miliar.

Pemprov Jateng melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng tampaknya tidak main-main dalam menentukan nilai bonus bagi atlet PON tahun ini. Atlet peraih medali emas diiming-imingi bonus Rp 150 juta per orang, peraih medali perak dijanjikan Rp 50 juta per orang sedangkan penggondol medali perunggu bakal diguyur Rp 30 juta per orang.

Advertisement

“Untuk atlet yang masuk cabang beregu, seperti bola voli, akan disesuaikan dengan jumlah personel di tim tersebut. Yang jelas akan diupayakan agar tidak ada kesenjangan,” beber Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Jateng, Sukahar saat dijumpai wartawan di sela-sela kunjungan anggota Komisi E DPRD Jateng ke pelatda bola voli putri di GOR Manahan Solo, Kamis (31/5/2012).

Total nilai bonus bagi atlet PON tersebut dianggap masuk akal mengingat target yang ingin ditembus cukup besar. Dari 38 cabang yang diikuti Jateng di PON nanti, KONI Jateng mematok target 60 medali emas, 60 medali perak dan 60 medali perunggu. Target itu lebih tinggi dibandingkan hasil perolehan medali di PON 2008 sebelumnya di Kalimantan Timur, yakni 53 medali emas.

“Kami akan kirim 486 atlet dan 125 pelatih ke Riau. Akan ada 312 nomor dari 38 cabang yang akan diikuti Jateng. Hanya cabang baseball-softball saja yang tidak kami ikuti,” lanjut Sukahar.

Advertisement

Beberapa cabang andalan yang diperkirakan bisa memborong medali yakni pencak silat, sepak takraw, panjat tebing, anggar, balap sepeda, voli pantai, taekwondo dan bulu tangkis. Meski begitu, tidak menutup peluang bagi cabang-cabang lainnya untuk menggondol banyak medali di Riau.

KONI Jateng mengklaim pesiapan Tim Jateng ke PON sudah dilakukan dengan matang. Meski demikian, mereka tidak menampik ada beberapa cabang yang baru memulai pelatda dalam hitungan pekan karena persoalan biaya.

“Bagi pengkot dan pengcab yang sudah melakukan pelatda secara mandiri kami ucapkan terimakasih,” terangnya.

Advertisement

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Mahmud Mahfuzd menambahkan pihaknya siap mem-backup kebutuhan anggaran bagi para atlet Jateng yang bakal berlaga di PON Riau. Dia mengatakan dana hibah yang dianggarkan untuk KONI Jateng pada tahun ini mencapai Rp 40 miliar, termasuk bagi kebutuhan persiapan dan kegiatan PON. Di sisi lain, Pemprov Jateng berencana mengajukan usulan dana mendahului anggaran di APBD Perubahan 2012 untuk dana tambahan bagi para atlet.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif