LAMPU HIAS
Glamor dengan Lampu Hias

Toko Sinar Mulia   (Espos/Lutfiyah)Toko Sinar Mulia (Espos/Lutfiyah)

Kehadiran lampu di setiap rumah maupun bangunan menjadi hal wajib yang tidak boleh diabaikan lantaran perannya yang mampu menerangi ruangan. Tapi kini, lampu tidak hanya sebagai penerang namun menjadi media penunjang agar rumah tampil gaya, glamor serta lebih estetik.
Karena alasan itulah tidak sedikit orang yang menambah interior rumahnya dengan berbagai hiasan menarik salah satunya lampu hias atau gantung. Apalagi, saat ini lampu hias tampil dengan berbagai model dan bentuk sehingga memudahkan Anda memilih sesuai dengan selera dan konsep rumah.
Tak perlu jauh-jauh memburu lampu hias ke Ibukota maupun kota besar lainnya. Di Kota Bengawan pun toko yang menyediakan beraneka lampu hias cukup banyak salah satunya Anda bisa menelusuri Jl Slamet Riyadi. Di sepanjang jalan utama Kota Solo tersebut terdapat beberapa toko penjual lampu hias di antaranya Toko Matahari Lampu Jl Slamet Riyadi No 176 Solo, Toko Sinar Kencana Jl Slamet Riyadi No 38 Solo dan Toko Sinar Mulia Electrical & Lighting Jl Slamet Riyadi No 37.
Umumnya toko lampu hias tersebut menyediakan berbagai lampu hias baik untuk ruang tamu, ruang keluarga maupun ruang makan. Ada juga lampu yang disediakan untuk gedung mewah maupun megah lainnya seperti hotel, masjid maupun gedung pertemuan.
Salah satu pegawai Toko Matahari Lampu, Sri, mengatakan lampu hias hadir tidak monoton berbentuk bulat tapi bermacam gaya dan model seperti klasik dan minimalis. Menurutnya, lampu hias pun tidak hanya menerangi tapi juga menyejukkan, menarik dan memancarkan kemewahan dari setiap kilauannya.
“Kalau ruangannya kecil ukuran 3 m x 5 m atau 3 m x 4 m, sebaiknya lampu hias juga disesuaikan pilih yang ukuran kecil dan model sederhana, sebaliknya ruangan luas dengan atap yang tinggi bisa memilih lampu hias model klasik berbahan kristal gold, kesannya mewah sepanjang masa,” katanya kepada Espos, Senin (28/5).
Meski begitu, lampu hias kristal juga dapat digunakan untuk rumah minimalis khususnya lampu hias kristal silver dengan model simpel. Sri menambahkan lampu hias lainnya yang bisa menjadi pilihan di antaranya lampu hias minimalis yang terbuat dari kaca dan kayu.
“Lampu hias bukan hanya monopoli kaum menengah ke atas tapi banyak juga kalangan menengah yang mencari lampu hias tapi mereka umumnya memilih lampu dengan model sederhana tapi tetap punya nilai estetik,” tukasnya.
Supervisor Toko Sinar Mulia Electrical & Lighting Solo, Dwi, mengatakan selain kesan estetik, lampu hias juga dapat menjadi kebanggaan dan memberi prestise tersendiri bagi pemilik rumah. Pemakaian lampu hias, menurut Dwi sebaiknya disesuaikan dengan konsep rumah maupun ukuran ruangan. “Demi prestise ada juga orang yang membeli lampu hias untuk rumahnya dengan harga Rp100 juta. Bisa dibayangkan rumahnya seperti apa,” katanya.
Dia menambahkan para pemburu lampu hias di toko yang ia kelola tidak hanya datang dari Solo namun dari daerah lain seperti Pacitan, Madiun dan Salatiga.
Lampu-lampu hias yang dijual di toko lampu sebagian besar merupakan produk impor tapi ada pula lampu buatan dalam negeri. Seperti di Toko Sinar Kencana, sebagian besar lampu hias yang dijual di toko tersebut didatangkan dari Jakarta.
“Bahan lampu hias yang dijual di sini juga beragam ada yang kristal, kaca dan akrilik dan pastinya jika dipasang di dalam ruangan bisa menambah suasana lebih menarik,” ujar pegawai toko setempat, Tri Wahyudi.
Bagaimana dengan harganya? Meski umumnya lampu hias bisa menambah kesan mewah dan bernilai estetika namun tidak semua lampu berharga mahal karena lampu hias yang dijual di Solo cukup bervariasi.
Di Toko Matahari Lampu misalnya, harga lampu hias dilego mulai harga standar Rp350.000 berbahan kayu. Sementara lampu hias minimalis berbahan kaca harga mulai Rp500.000 dan lampu hias lainnya seperti klasik berbahan Kristal harganya bisa mencapai Rp10 juta ke atas.
Begitu juga di Toko Sinar Mulia Electrical & Lighting Solo, harga lampu hias yang ditawarkan cukup kompetitif. Harga lampu hias paling rendah Rp300.000, ada pula lampu hias dengan harga selangit ratusan juta rupiah. “Semua tergantung lampunya model apa. Kalau model minimalis harga berkisar Rp300,000 sampai Rp30 juta,” ujarnya.
Sedangkan di Toko Sinar Kencana, harga lampu hias sedikit murah mulai Rp200.000 sampai Rp5 juta.

Editor: | dalam: Women |
Menarik Juga »