Jogja
Rabu, 30 Mei 2012 - 15:45 WIB

Laku Prihatin, Ratusan Warga Parangtritis Sambangi Makam Ki Ageng Giring

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Sekitar 150 warga pesisir pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul menggelar napak tilas ke Makam Ki Ageng Giring III di Desa Sodo, Kecamatan Paliyan, Rabu (30/5). Ritual ini dianggap sebagai bagian dari lelaku prihatin.

Seorang peserta Marsudi Raharjo, 60, warga Grogol VIII, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek mengatakan, kegiatan semacam ini digelar setahun sekali.

Advertisement

“Kami berangkat dari Parangtritis sekitar pukul lima pagi,” kata Marsudi kepada Harian Jogja, Rabu (30/5) siang.

Dia mengaku menempuh jarak sekitar 40 kilometer dengan berjalan kaki untuk mencapai Makam Ki Ageng Giring III. Saat ditemui, Marsudi masih harus menempuh jarak sekitar tiga kilometer lagi.

Ritual ini merupakan kepercayaan warga Parangtritis untuk mengenang Ki Ageng Giring, leluhur Kerajaan Mataram.

Advertisement

“Ritual ini sudah kami niati, tidak boleh mengeluh dalam perjalanan,” kata Marsudi.

Menurutnya, selama perjalanan beberapa kali bersama rekan dia beristirahat di warung. Marsudi, dan ratusan orang lain, tidak menggunakan kendaraan bermotor. “Ini bagian dari tetirah. Dimantepi saja,” kata Marsudi.

Hal senada dikatakan oleh peserta lain, Punijo, 40, yang juga berjalan kaki melintasi antar kabupaten itu. Ia mengaku tidak merasa lelah karena sudah niat mengikuti kegiatan ini.

Advertisement

Dari pantauan Harian Jogja, para peserta napak tilas ini tidak berjalan berbarengan. Mereka terdiri dari kelompok kecil yang berisi dua sampai enam orang. (ali)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif