Soloraya
Selasa, 29 Mei 2012 - 06:38 WIB

TETIRAHAN KERATON: Sendang Siraman Bakal Jadi Objek Wisata

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI-– Salah satu tempat tetirahan Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berada di Desa Catur, Sambi, Boyolali, yaitu umbul Sendang Siraman, tahun ini akan dibangun menjadi objek wisata yang dapat dinikmati wisatawan.

Camat Sambi, Karyono Utomo, menjelaskan pembangunan tersebut merupakan proyek dari pemerintah pusat dan tahun ini mulai direalisasikan pembangunannya. “Dulu tempat itu sering digunakan untuk pemandian warga sekitar, tapi sekarang warga sudah memiliki akses air yang lebih mudah,” jelasnya ketika ditemui solopos.com, Senin (28/5/2012).

Advertisement

Untuk konsep pembangunannya, Karyono memaparkan Sendang Siraman akan dibentuk menjadi tempat wisata olahraga dan sejarah. “Nanti gambarannya akan ada lintasan lari di sekitar umbul, yang kanan kirinya dibangun rumah adat. Jadi selain berolahraga juga bisa belajar kebudayaan,” paparnya.

Konsep seperti itu bertujuan agar dapat menggugah rasa ingin tahu para generasi muda pada kebudayaan, sehingga tertarik untuk mempelajari dan melestarikannya. “Selain umbul itu, di dekatnya juga ada makam keturunan keraton Solo,” imbuhnya.

Dengan rencana pembangunan tersebut, Karyono berharap dapat meningkatkan potensi ekonomi warga di sekitar Sendang Siraman tersebut. “Untuk jangka panjangnya bisa untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,” paparnya.

Advertisement

Saat ini kondisi umbul Sendang Siraman tersebut tidak terawat, berdasarkan pantauan solopos.com akses menuju lokasi masih sangat minim dan belum banyak dikenal orang. “Sekarang masih kumuh karena sudah lama tidak digunakan warga. Ke depannya setelah pembangunan, diharapkan Sendang Siraman bisa dimanfaatkan lagi sebagai tempat refreshing bagi masyarakat,” harapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif