Jogja
Selasa, 29 Mei 2012 - 17:45 WIB

Salut! Pekarangan Karang Duwet Gunungkidul Terbaik se-Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Desa Karang Duwet, kecamatan Paliyan berhasil menjadi yang terbaik se-Indonesia dalam lomba pemanfaatan Halaman Asri, Tertib, Indah, dan Nyaman (HATINYA) PKK.

Piala dan piagam penghargaan diterima Zultiyanti Immawan Wahyudi selaku ketua tim penggerak PKK Gunungkidul dan Astuti Adiyanti selaku camat Paliyan pada 24 Mei 2012 di kawasan Agro Puspo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Advertisement

Dalam keterangannya kepada para wartawan, di ruang PKK area pendopo Sewoko Projo, Selasa (29/5), Zultiyanti mengatakan keberhasilan Karang Duwet mematahkan stigma masyarakat Indonesia mengenai kondisi Gunungkidul yang gersang. Menurut dia, keberhasilan masyarakat Karang Duwet dalam memanfaatkan pekarangan rumah tersebut patut dicontoh dan akan disosialisasikan ke kecamatan-kecamatan lain di Gunungkidul.

“Kemenangan Karang Duwet ini mematahkan persepsi juri yang selama ini mengenal bahwa Gunungkidul itu tanahnya gersang. Buktinya, masyarakat Karang Duwet bisa memanfaatkan pekarangan mereka untuk ditanami tanaman. Nantinya ini akan disosialisasikan ke 17 kecamatan di Gunungkidul,” terang istri wakil bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi itu.

Astuti Adiyanti menjelaskan, pemanfaatan pekarangan terbukti mampu mengurangi pengeluaran konsumsi masyarakat. Hal itu karena sayuran maupun toga tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk konsumsi sendiri. (ali)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif