Lifestyle
Selasa, 29 Mei 2012 - 10:03 WIB

OBAT HERBAL: Mahkota Dewa Langsingkan Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahkota Dewa (muhammadfarhanmubaraq.blogspot.com)

Mahkota Dewa (muhammadfarhanmubaraq.blogspot.com)

Tak selamanya diet harus menyiksa diri secara berlebihan karena mahkota dewa juga dapat dijadikan salah satu alternatif menurunkan berat badan.

Advertisement

Praktisi herbal Hafidzullah Amin menjelaskan terkadang ada yang melakukan diet mati-matian, namun yang didapat hanya rasa tersiksa karena kelaparan. “Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa harus menahan lapar berlebihan,” ungkapnya saat dihubungi Harian Jogja, belum lama ini.

Pria yang kerap disapa Amin ini menjelaskan ada beberapa faktor yang memengaruhi naiknya berat badan, salah satunya adalah faktor makan yang melebihi kebutuhan tubuh. Selain itu, kurang menggunakan energi juga memicu tubuh gemuk. Hal ini disebabkan energi yang dikonsumsi lebih lambat dipecah menjadi glikogen sehingga lebih banyak lemak yang disimpan.

Faktor hormonal juga dapat memengaruhi terjadinya kegemukan. Pada perempuan yang menopause dapat terjadi penurunan fungsi hormon tiroid. Kemampuan untuk menggunakan energi akan berkurang dengan menurunnya fungsi hormon ini. Hal tersebut terlihat dengan menurunnya metabolisme tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

Advertisement

Amin menejelaskan, penderita obesitas yang tidak berolahraga maupun diet cenderung bertambah gemuk, karena semakin membesarnya otot akibat mudah lapar. Ancaman risiko penyakit yang sering menyertai kegemukan antara lain jantung koroner, hipertensi, diabetes melitus, kanker, penyakit batu empedu, bahkan stroke.

“Maka tak heran jika masalah berat badan merupakan masalah yang sangat pelik dan sering menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan,” ungkapnya.

Tak hanya masalah kesehatan, kegemukan juga akan menguras kepercayaan diri seseorang. Amin merekomendasikan mengurangi berat badan tanpa perlu diet salah satunya menggunakan mahkota dewa.

Advertisement

Tumbuhan yang memiliki nama latin Phaleria macrocarpa ini telah lama dikenal dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Herbal asli Papua ini tidak hanya berkhasiat dari buahnya saja, tapi dari batang serta daunnya. Kandungan yang ditemukan dalam tanaman mahkota dewa adalah flavonoid yang berfungsi melancarkan peredaran darah dan mengurangi kadar kolesterol, sehingga mampu melarutkan lemak dalam tubuh secara alami.

Herbal ini dapat dijadikan minuman pelangsing dengan cara direbus. Caranya pertama, siapkan dua gelas air dan masukkan mahkota dewa yang telah dicuci bersih, dengan takaran secukupnya. Rebus hingga mendidih, saring, dan herbal ini siap untuk dikonsumsi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif