Soloraya
Senin, 28 Mei 2012 - 16:20 WIB

KONFLIK KERATON SOLO: Disbudpar Minta Biro Wisata Bantu Yakinkan Wisatawan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - GANGGU PARIWISATA -- Sejumlah wisatawan asal Jepang berada di depan Keraton Solo beberapa waktu lalu. Konflik di Keraton Solo dikhawatirkan berdampak negatif terhadap kunjungan wisatawan. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

GANGGU PARIWISATA -- Sejumlah wisatawan asal Jepang berada di depan Keraton Solo beberapa waktu lalu. Konflik di Keraton Solo dikhawatirkan berdampak negatif terhadap kunjungan wisatawan. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdi Srihanto meminta kalangan biro perjalanan wisata membantu menjelaskan dan meyakinkan para wisatawan bahwa konflik internal yang kini tengah terjadi di Keraton Solo bukan masalah serius. Di sisi lain, Widdi juga berharap masalah yang terjadi di Keraton tidak akan berlarut-larut.
Advertisement

“Kalau pengaruh ke industri pariwisata saya kira tidak. Kan masih ada destinasi lain. Kalau tidak, masalah di keraton ini justru mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri lho buat para wisatawan. Mereka kan jadi penasaran,” jelas Widdi, Senin (28/5/2012). Dirinya saat itu ditanya tanggapannya terkait kejadian di mana sejumlah wisatawan kecele saat berkunjung ke keraton karena adanya blokade.

Widdi mengatakan akan terus berkoordinasi dengan stakeholders terkait, termasuk agen perjalanan wisata. Mereka diharapkan bisa memahamkan bahwa masalah di dalam keraton hanya bersifat sementara dan setelah selesai nanti pasti akan menjadi objek wisata yang lebih baik lagi. “Yang penting wisatawan itu tahu masalahnya dan diyakinkan itu hanya sementara. Pasti mereka akan paham,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelum ini, sejumlah rombongan wisatawan yang berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta, Minggu (27/5/2012) kecele karena ketika hendak masuk, ternyata pintu keraton ditutup.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif