News
Jumat, 25 Mei 2012 - 17:27 WIB

RAILBUS: Pemkot Diminta Serahkan Railbus Sepenuhnya ke PT KAI

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Railbus (Espos/Burhan Aris Nugraha/dok)

Railbus (Espos/Burhan Aris Nugraha/dok)

SOLO--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diminta menyerahkan urusan pengoperasian Railbus Batara Kresna sepenuhnya kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Terkait operasional railbus tersebut, ranah Pemkot sebatas pada koordinasi.

Advertisement

Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPRD, Supriyanto, ketika dimintai tanggapan seputar rencana pengoperasian Railbus Batara Kresna, Jumat (25/5/2012). “Seharusnya Pemkot tidak perlu repot-repot campur tangan dalam rencana pengoperasian railbus. Serahkan saja kepada PT KAI sepenuhnya. Ya harapannya, masyarakat bisa memanfaatkan moda transportasi itu dengan harga murah sehingga tarifnya diharapkan tidak membebani masyarakat. Dalam hal ini, tentunya PT KAI seharusnya bisa mengelola pengoperasian railbus itu secara profesional namun dalam melayani masyarakat melalui transportasi rakyatnya juga harus terjangkau,” ujar Supriyanto kepada wartawan di Gedung Dewan, Jumat.

Terkait rencana pengenaan tarif tiket railbus, Supriyanto menyerahkan sepenuhnya kepada PT KAI. Namun tentunya pihaknya berharap jika untuk kepentingan masyarakat, seharusnya tarif tersebut murah dan terjangkau. Namun untuk subsidi, Supriyanto mengatakan tertutup kemungkinan APBD dapat mengalokasikan subsidi untuk mendukung operasional railbus oleh PT KAI. Sebab dijelaskan dia, bantuan operasional untuk PT KAI yang ada di bawah BUMN tersebut tidak diperbolehkan.

”Artinya, pemerintah daerah tidak diperbolehkan memberikan subsidi atau bantuan operasional kepada PT KAI. Itu berdasarkan aturan dalam Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri-red)No 13/2005 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah,” terangnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif