Jelajah
Jumat, 18 Mei 2012 - 13:34 WIB

WISATA: Berburu Seafood di Pantai Kuwaru

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/dok)

Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/dok)

BANTUL—Meski belum setenar Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru tampaknya patut dipertimbangkan sebagai tujuan wisata alternatif di DIY.

Advertisement

Selain menawarkan deburan ombak dan pemandangan alam yang menawan, pantai yang sejuk berkat rindangnya pohon cemara tersebut juga terkenal dengan wisata kuliner, seafood.

Pantai Kuwaru berada di wilayah Desa Poncosari, Srandakan, tepatnya di sebelah timur Pantai Pandansimo yang berjarak sekitar 29 kilometer dari Kota Jogja.

Di Pantai Kuwaru, para wisatawan akan dimanjakan puluhan warung seafood yang menyediakan olahan ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Advertisement

Rindangnya deretan pohon cemara yang menaungi puluhan warung di sepanjang Pantai Kuwaru membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu kunjungannya.

Salah satu pemilik warung seafood di Pantai Kuwaru, Ponidi mengatakan, semua menu yang disajikan harganya sangat terjangkau bagi wisatawan dari berbagai kalangan.

“Biasanya tarif per satu kilogram ikan sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000. Itu sudah termasuk nasi, sambal, dan lalapan, ” tuturnya, Jumat (18/5) siang.

Advertisement

Harga murah juga ditawarkan para pedagang ikan laut segar di Pantai Kuwaru. “Tergantung ikannya. Tetapi, rata-rata Rp10.000 hingga Rp40.000 per kilogram,” kata Anis, salah satu pedagang ikan laut.

Saat libur panjang akhir pekan seperti saat ini, para pedagang ikan laut di Pantai Kuwaru dapat menjual ikan antara satu kuintal hingga dua kuintal ikan.(ali)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif