ANTIOKSIDAN
10 Sumber Antioksidan

Ilustrasi ( getty images) Ilustrasi ( getty images)

Bahan makanan yang mengandung antioksidan mengalami kepopulerannya. Hal ini karena antioksidan mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Ramai diperbincangkan bahwa penyakit kronis yang menyerang jantung, paru-paru dan organ tubuh lainnya akibat radikal bebas.

Nah berikut akan digeber 10 sumber antioksidan seperti  dilansir menshealth.com, Jumat (11/5/2012):

1. Selada Air
Si hijau ini kaya akan vitamin A, C dan K. Selain itu juga mengandung lutein dan zexanthin, dua antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

2. Kacang Vanili

Kacang ini bisa didapat dari tanaman vanilla.  Kacang nan mungil ini mengandung senyawa phenolik yang tinggi. Hal itu bermanfaat sebagai antioksidan, anti-mikroba dan anti-inflamasi. Cara mengonsumsinya, bisa ditambahkan pada minuman jus segar.

3. Bubuk Kakao.
Bubuk kakao mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium dan natrium. Selain itu, juga mengandung senyawa flavanoid yang dapat mencegah menyakit jantung dan stroke.

4. Sorgum
Bahan makanan ini menjadi salah satu sumber pangan yang populer di Asia Selatan dan sumber karbohidrat selain beras dan gandum. Selain mengandung karbohidrat, sorgum yang bisa tumbuh di daerah kering ini juga kaya kalsium, zat besi, fosfor dan lemak. Bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

5. Kismis
Bahan makanan ini berasal dari anggur yang dikeringkan dan dijadikan pemanis dalam olahan roti atau kue kering. Kismis mengandung senyawa antosianin, karbohidrat, energi dan dapat  pula bermanfaat menguatkan tulang. Studi lain menunjukkan kismis mampu mengurangi proses penuaan, khususnya penuaan daya ingat.

6. Jahe
Sembilan senyawa yang ditemukan dalam jahe dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu juga baik bagi olahragawan karena mampu meredakan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga.

7. Kopi
Secangkir kopi baik berkafein dan tanpa kafein mengandung sejumlah antioksidan, termasuk asam chlorogenic, yang mencegah oksidasi kolesterol jahat.

8. Barley
Barley masuk jenis serealia yang menjadi bahan pangan sehat. Mengapa? karena barley mengandung serat yang mampu menurunkan kolesterol dan membawa nutrisi termasuk molibdenum, folat, dan mangan.

9. Telur
Sumber protein yang digemari hampir semua orang. Telur utuh mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Mereka juga salah satu sumber terbaik dari kolin, zat kimia yang dibutuhkan tubuh untuk memecah lemak untuk energi.

10. Kacang Merah
Tahukah Anda, seperempat cangkir kacang merah mengandung 6.000 antioksidan. Kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi.

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.

Editor: | dalam: Kesehatan |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »