News
Selasa, 8 Mei 2012 - 15:23 WIB

EVALUASI UN: Kinerja Pengawas Belum Optimal

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UJIAN NASIONAL-Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di SD Negeri 16, Solo, Senin (7/5/2012). ( ILustrasi/JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

UJIAN NASIONAL-Pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional di SD Negeri 16, Solo, Senin (7/5/2012). ( ILustrasi/JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO–Kinerja pengawas Ujian Nasional (UN) SMP di Kota Solo dinilai belum optimal. Terbukti masih ditemui beberapa pengawas yang tidak menjalankan tugasnya dengan benar.

Advertisement

Hal itu disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Joko Riyanto, seusai rapat MKKS membahas evaluasi pelaksanaan UN SMP di SMPN 1 Solo, Selasa (8/5/2012).

Kemarin, terangnya, Joko juga meminta setiap kepala sekolah melakukan evaluasi terhadap guru yang dikirim sekolah menjadi pengawas UN. Evaluasi tahun ini harapannya menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan guru yang akan dikirim menjadi pengawas pada pelaksanaan UN tahun depan. “Kasek jangan asal kirim pengawas. Tapi dilihat benar bagaimana kemampuannya,” jelasnya.

Sebenarnya, kata Joko, sebelum pelaksanaan UN setiap Kasek sudah mengikuti pengarahan tentang tugas pengawas UN. Selanjutnya Kasek harus mentransfer ilmu itu kepada guru. Namun entah mengapa masih terdapat beberapa pengawas yang keliru saat melaksanakan tugas.

Advertisement

Setiap sekolah, ungkapnya, harus mengirimkan pengawas UN sebanyak ruang UN di sekolahnya dikalikan dua. Ia mencontohkan, SMPN 2 Solo yang memiliki 16 ruang UN, harus mengirimkn 32 pengawas UN.

Secara keseluruhan, terang Joko, pelaksanaan UN SMP di Kota Solo berjalan lancar. Seluruh stakeholder pendidikan di Solo pun berharap sukses penyelenggaraan ini akan diikuti dengan sukses prestasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif