News
Senin, 7 Mei 2012 - 12:57 WIB

PERAYAAN WAISAK: Pelepasan 1.000 Lampion Tutup Rangkaian Waisak

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah lampion perdamaian terbang menghiasi langit di atas candi Borobudur pada puncak perayaan Tri Suci Waisak tahun 2012/2556 BE di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jateng, Minggu (6/5/2012) malam. (Foto Antara)

Sejumlah lampion perdamaian terbang menghiasi langit di atas candi Borobudur pada puncak perayaan Tri Suci Waisak tahun 2012/2556 BE di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jateng, Minggu (6/5/2012) malam. (Foto Antara)

MAGELANG-1.000 Lampion dilepaskan ke udara sebagai tanda penutupan rangkaian puncak perayaan Tri Suci Waisak 2556 BE/2012 di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (6/5/2012) malam.

Advertisement

Pelepasan lampion dilakukan di pelataran puja bakti, sebelah barat Candi Brorobudur. Sebelum pelepasan, umat Buddha dan para bhiksu perwakilan 12 majelis anggota Walubi memanjatkan doa.

Sekitar 300 bhiksu bersama ribuan umat Buddha kemudian melakukan pradaksina atau berjalan mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali sambil membawa lilin.

Ketua Umum Perwakian Umat Buddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya mengajak umat Buddha untuk mempertahankan kesadaran maitri karuna atau memikirkan kebahagiaan orang lain.

Advertisement

“Detik-detik Waisak jatuh pada Minggu siang, kemudian malam ini dilakukan ritual menyambut Waisak sebagai penyempurnaan,” katanya.

Ia meminta umat lebih menjaga ucapan, perasaan dan hati agar terlepas dari penderitaan.

Ia mengatakan, semua harta dan tahta bersifat sementara, tidak abadi. Dia mengajak manusia agar keluar dari kepentingan diri sendiri agar lepas dari kegelapan.

Advertisement

“Bagaimana solusinya apakah akan terus menjadi manusia yang selalu dalam kegelapan di dalam hatinya. Bagi generasi muda hanya memikirkan pencapaian cita-cita, bilamana tidak berhasil maka hancur lebur. Setelah Waisak ini mudah-mudahan akan meningkatkan kesadaran umat,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif