News
Selasa, 1 Mei 2012 - 09:33 WIB

MUSIBAH: Kapal Feri Tenggelam di India, 105 Orang Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NEW DELHI- Sebuah kapal feri yang mengangkut 350 penumpang terbelah menjadi dua dan tenggelam di sebuah sungai di India. Sebanyak 105 orang tewas dan 100 orang lainnya dinyatakan hilang.

“Petugas penyelamat bekerja sama dengan warga setempat berhasil menemukan 105 jasad di wilayah tepian sungai,” ujar Kepala Kepolisian Distrik Dhubri, PC Haloi, kepada AFP, Selasa (1/5/2012).

Advertisement

“Sedangkan nasib sekitar 100 orang lainnya belum diketahui,” imbuhnya.

Sedangkan sekitar 150 orang lainnya berhasil selamat, baik diselamatkan oleh petugas maupun yang berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian sungai.

Tim penyelamat, termasuk dari militer, terus mencari korban yang masih dinyatakan hilang. Namun sayangnya, upaya mereka terhalang cuaca buruk dan kondisi malam yang gelap.

Advertisement

Saat kejadian, kapal feri bertingkat ini tengah melintas di sungai Brahmaputra yang terletak di wilayah Assam, Guwahati. Kapal feri ini berangkat dari wilayah Dhubri dan hendak menuju ke Fakirganj. Namun, akibat badai kapal ini terbelah dua dan tenggelam, pada Senin (30/4) malam waktu setempat.

Perdana Menteri India Manmohan Singh mengaku terkejut dan berduka, serta menyebut insiden ini sebagai tragedi. Dia memastikan, bahwa upaya penyelamatan dan pencarian korban akan dilakukan secara menyeluruh.

“Memastikan seluruh bantuan kepada pemerintah Assam dalam upaya pemulihan dan juga bantuan dari Yayasan Nasional milik Perdana Menteri bagi seluruh keluarga korban,” tuturnya.

Advertisement

Diketahui bahwa kapal feri merupakan tranportasi air yang umum digunakan di wilayah pedesaan India. Namun sayangnya, kecelakaan yang melibatkan kapal-kapal tersebut sering terjadi karena kurangnya standar keselamatan dan seringnya kelebihan penumpang dan muatan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif