Soloraya
Jumat, 27 April 2012 - 13:01 WIB

PERINGATI HARI KARTINI, Puluhan PNS Pria Merangkai Bunga

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PERINGATAN HARI KARTINI-- Karyawan Pemkot Solo mengikuti jalan sehat yang mengambil start - finish di Balikota Solo, Jumat (27/4/2012). Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini. (Sunaryo Haryo Bayu /JIBI/SOLOPOS)

PERINGATAN HARI KARTINI-- Karyawan Pemkot Solo mengikuti jalan sehat yang mengambil start - finish di Balikota Solo, Jumat (27/4/2012). Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini. (Sunaryo Haryo Bayu /JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Merangkai bunga dan menghias nasi goreng biasanya merupakan pekerjaan yang sangat khas perempuan. Kendati begitu, bukan berarti kaum pria tak bisa melakukannya.

Advertisement

Berbekal pengetahuan dari Internet maupun media massa, atau sekadar melihat kaum perempuan saat melakukan dua pekerjaan  itu, puluhan laki-laki yang berkumpul di Pendapi Gede Kompleks Balaikota Solo, Jumat (27/4/2012) pagi itu berlomba-lomba membuat rangkaian bunga terindah, serta nasi goreng dengan hiasan paling menarik.

Tak mau ketinggalan, pejabat tertinggi di jajaran birokrasi Pemkot, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, terlihat di antara para pria yang berlomba mewakili satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. Sekda ikut lomba menghias nasi goreng. Sebelum lomba telah diadakan pula senam bersama dan jalan sehat serta bagi-bagi doorprize di halaman Pendapi Gede.

Koordinator acara, Sri Kadarwati mengungkapkan lomba itu digelar untuk memperingati Hari Kartini.  “Lomba ini pesertanya laki-laki untuk menunjukkan jika selama ini ada emansipasi wanita di mana wanita juga berupaya bisa melakukan pekerjaan laki-laki, maka laki-laki pun mestinya juga bisa melakukan pekerjaan perempuan, seperti merangkai bunga, menghias nasi goreng,” katanya, saat diwawancarai wartawan seusai acara.

Advertisement

Kadarwati mengatakan setiap SKPD, termasuk lima kantor kecamatan dan 51 kelurahan mengirimkan wakilnya pada lomba itu. Selain merangkai bunga dan menghias nasi goreng, diadakan pula lomba membuat poster kampanye penganggulangan HIV/AIDS.

Pada akhir acara dilakukan penilaian dan diperoleh pemenang. Untuk lomba merangkai bunga dimenangkan secara berturut-turut juara I, II, dan III adalah perwakilan dari Dinas Tata Ruang Kota (DTRK), Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinkop dan UMKM), serta Dinas Pertanian.

Sedangkan lomba menghias nasi goreng dimenangkan oleh perwakilan dari Dinkop dan UMKM, Sekretariat DPRD, dan Kecamatan Jebres. “Lomba poster belum bisa diumumkan karena masih dalam penilaian oleh Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif