News
Jumat, 27 April 2012 - 18:05 WIB

KPK: ANGIE Ditahan Terkait Dugaan Korupsi di Dua Kementerian

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Angelina Sondakh (dok)

Angelina Sondakh (dok)

JAKARTA–KPK akhirnya resmi menahan tersangka Angelina Sondakh (Angie) di Rutan Salemba cabang KPK. Angie ditahan terkait dugaan korupsi Wisma Atlet dan proyek-proyek di berbagai universitas pada tahun anggaran 2010 dan 2011.

Advertisement

“Jadi, yang disangkakan adalah dalam kapasitas ibu AS sebagai anggota DPR dalam pembahasan anggaran terkait proyek-proyek di berbagai universitas untuk tahun anggaran 2010 dan 2011,” ujar jubir KPK, Johan Budi, dalam jumpa pers di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (27/4/2012).

Johan juga mengatakan penetapan status tersangka dan penahanan terhadap AS merupakan pengembangan dalam dugaan korupsi di Kemenpora dan Kemendikbud. KPK, kata Johan menemukan beberapa aliran dana yang dilakukan AS dalam kaitan pembahasan anggaran di dua kementerian itu.

“Dan hari ini dilakukan penahanan untuk 20 hari,” ujarnya.

Advertisement

KPK telah menetapkan Angelina Sondakh sebagai tersangka kasus dugaan suap Wisma Atlet, Palembang dan di korupsi anggaran di Kemendikbud. Sejumlah saksi dalam persidangan terhadap tersangka utama Nazarudin, menyebut dugaan keterlibatan Angelina dalam kasus tersebut.

Saksi itu antara lain adalah Mindo Rosalina, salah seorang direktur perusahaan yang dipimpin Nazaruddin. Mindo dan saksi lainnya mengungkapkan, ada aliran dana kepada Angelina dan dan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) I Wayan Koster, secara bertahap dengan total Rp 5 miliar.

Keterlibatan Angie di korupsi di Kemendikbud juga sudah berulangkali terungkap di persidangan. Anggota dewan dari komisi yang membidangi pendidikan dan olahraga ini pernah terlibat percakapan via blackberry mesengger dengan Rosa mengenai permainan anggaran di sejumlah universitas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif