Soloraya
Rabu, 25 April 2012 - 17:35 WIB

UJI COBA RAILBUS: Jalur Sukoharjo-Wonogiri Aman

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - RAILBUS - Railbus Betara Kresna saat melewati area persawahan Desa Kronelan, Mojolaban, Sukoharjo dalam uji coba Solo - Wonogiri, Rabu (25/4/2012). Railbus direncanakan akan melayani rute Solo - Wonogiri PP. JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu

RAILBUS - Railbus Betara Kresna saat melewati area persawahan Desa Kronelan, Mojolaban, Sukoharjo dalam uji coba Solo - Wonogiri, Rabu (25/4/2012). Railbus direncanakan akan melayani rute Solo - Wonogiri PP. JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu

WONOGIRI--Railbus akhirnya diuji coba dari Solo hingga Wonogiri, Rabu (25/4/2012). Raibus tiba di Stasiun Wonogiri Kota sekitar pukul 12.30 WIB. Saat railbus tiba stasiun, beberapa warga Wonogiri di sekitar stasiun menyambut dengan berfoto di dekatnya.

Advertisement

Humas PT KA Daops VI Jogjakarta, Eko Budiyanto, mengatakan untuk perlintasan dari Sukoharjo-Wonogiri tidak ada masalah. Malah, lokasi yang bermasalah adalah jalur perlintasan di Kota Solo seperti di Purwosari yang banyak rumah-rumah warga, ranting-ranting pohon dan area parkir.

“Minimal 195 sentimeter dari rel tidak boleh ada penghalang apapun. Jadi itu menjadi ruang bebas untuk jalur kereta api. Kami mengimbau kepada pemerintah daerah untuk ikut peduli dengan hal itu jika ingin perjalanan kereta api lebih lancar,” terangnya.

Bahkan, saat uji coba itu, AC railbus penyok akibat terkena dahan pohon saat melewati Jalan Slamet Riyadi Solo. Ia menyatakan jika masyarakat menginginkan railbus beroperasi, maka ia juga mengimbau agar pemerintah daerah juga siap mendukung hal itu.

Advertisement

Dalam uji coba itu, railbus belum dioperasikan dengan kecepatan maksimal yakni 80 kilometer per jam. Tapi, mulai dari Stasiun Solo Kota hingga Wonogiri, railbus dioperasikan dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Sedangkan di Kota Solo, hanya bisa diuji cobakan dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per jam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif