News
Senin, 23 April 2012 - 13:42 WIB

PEMILU 2014: Jumlah Ideal Peserta Pemilu 15 Partai

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA-– Pengamat politik dari Universitas Indonesia Andrinof Chaniago mengatakan 15 parpol adalah jumlah ideal untuk peserta Pemilu 2014 mendatang.

Advertisement

Hal itu dikatakannya dengan tujuan agar masyarakat dapat fokus untuk memilih karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak.

“Yang paling ideal 15 parpol. Karena angka ini sangat rasional, masyarakat juga tidak dipusingkan dengan banyaknya parpol, sehingga pilihan mereka akan semakin fokus,” ujar Andrinof di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Andrinof memprediksi bila memang terjadi maka ke-15 parpol itu adalah 9 parpol yang telah ada di parlemen saat ini yaitu Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura.  Ditambah partai baru yang bakal menjadi peserta pemilu adalah Nasdem, Partai SRI, Nasional Republik, Partai Persatuan Daerah (pimpinan Osman Sapto), PBB, Partai Demokrasi Pembaruan (pimpinan Roy BB Janis) atau Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (pimpinan Sutiyoso).

Advertisement

“Saya melihat parpol baru yang bakal menjadi peserta ada 6 atau 7 parpol. Bisa saja jumlah peserta pemilu nanti sampai 20 parpol. Tetapi kalau KPU benar-benar objektif melakukan verifikasi maka mungkin hanya 15 parpol bakal menjadi peserta,” ujarnya.

Menurutnya, kesembilan parpol yang ada di parlemen saat ini terbagi atas enam ideologi mendasar. Keenam ideologi itu yaitu nasisonalis-kerakyatan (PDIP dan Gerindra), nasionalis moderen yang mengandalkan program (Golkar, Demokrat, dan Hanura), Islam tradisional (PKB), Islam modern (PAN), Islam pembangunan (PPP), dan Islam konservatif (PKS).

Menurutnya, Parpol baru pun hanya akan menjadi bagian dari enam ideologi tersebut. Tidak ada ideologi baru yang dibawa parpol baru tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif