ilustrasi ilustrasi
Senin, 23 April 2012 13:42 WIB Wahyu Kurniawan/JIBI/Harian Jogja News Share :

PEMILU 2014
Jumlah Ideal Peserta Pemilu 15 Partai

ilustrasi

JAKARTA-– Pengamat politik dari Universitas Indonesia Andrinof Chaniago mengatakan 15 parpol adalah jumlah ideal untuk peserta Pemilu 2014 mendatang.

Hal itu dikatakannya dengan tujuan agar masyarakat dapat fokus untuk memilih karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak.

“Yang paling ideal 15 parpol. Karena angka ini sangat rasional, masyarakat juga tidak dipusingkan dengan banyaknya parpol, sehingga pilihan mereka akan semakin fokus,” ujar Andrinof di Jakarta, Senin (23/4/2012).

Andrinof memprediksi bila memang terjadi maka ke-15 parpol itu adalah 9 parpol yang telah ada di parlemen saat ini yaitu Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura.  Ditambah partai baru yang bakal menjadi peserta pemilu adalah Nasdem, Partai SRI, Nasional Republik, Partai Persatuan Daerah (pimpinan Osman Sapto), PBB, Partai Demokrasi Pembaruan (pimpinan Roy BB Janis) atau Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (pimpinan Sutiyoso).

“Saya melihat parpol baru yang bakal menjadi peserta ada 6 atau 7 parpol. Bisa saja jumlah peserta pemilu nanti sampai 20 parpol. Tetapi kalau KPU benar-benar objektif melakukan verifikasi maka mungkin hanya 15 parpol bakal menjadi peserta,” ujarnya.

Menurutnya, kesembilan parpol yang ada di parlemen saat ini terbagi atas enam ideologi mendasar. Keenam ideologi itu yaitu nasisonalis-kerakyatan (PDIP dan Gerindra), nasionalis moderen yang mengandalkan program (Golkar, Demokrat, dan Hanura), Islam tradisional (PKB), Islam modern (PAN), Islam pembangunan (PPP), dan Islam konservatif (PKS).

Menurutnya, Parpol baru pun hanya akan menjadi bagian dari enam ideologi tersebut. Tidak ada ideologi baru yang dibawa parpol baru tersebut.

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…