PASOEPATI BENTROK
Kelompok BCS Dituding Jadi Biang Bentrok

PANAS -- Petugas kepolisian mencoba melerai para suporter yang terlibat bentrok di tribun Stadion Maguwo harjo Selaman dalam pertandingan Persis Solo melawan PSS Sleman, Sabtu (21/4/2012). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)PANAS -- Petugas kepolisian mencoba melerai para suporter yang terlibat bentrok di tribun Stadion Maguwo harjo Selaman dalam pertandingan Persis Solo melawan PSS Sleman, Sabtu (21/4/2012). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

PANAS -- Petugas kepolisian mencoba melerai para suporter yang terlibat bentrok di tribun Stadion Maguwo harjo Selaman dalam pertandingan Persis Solo melawan PSS Sleman, Sabtu (21/4/2012). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

SOLO – Salah satu kelompok suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS), dituding sebagai penyebab bentrok dengan Pasoepati Solo dan memicu penyerangan. “Saat kami keluar stadion memang sudah tawuran. Pasoepati diserang BCS. Saat di jalan, ada orang Jogja yang melempari kami, khususnya jelang masuk Prambanan. Akibat rentetan peristiwa itu, puluhan anggota Pasoepati mengalami luka ringan,” kata Sekjen Pasoepati, Anwar Sanusi saat dihubungi Solopos.com.

Dia mengatakan ada anggota Pasoepati yang tak terima dengan ulah BCS. Menyikapi hal ini, Pasoepati akan menglarifikasi BCS. “Setelah ini, kami akan klarifikasi ke BCS. Saat mereka ke Solo, kami sambut mereka dengan baik. Tapi, saat di Jogja kok seperti ini,” ujarnya.

Pasoepati memang sengaja menglarifikasi BCS lantaran pendukung yang mengenakan pakaian serba hitam ini yang dianggap kurang bersahabat. Hal itu sangat jauh dibandingkan Slemania.

“Kalau Slemania mengawal kami hingga masuk Klaten. Saat ribut di stadion, antara Slemania dan Pasoepati langsung mereda. Jauh berbeda dengan BCS. Makanya, kami akan minta klarifikasi kepada mereka. Sebelum itu, kami akan rapat internal dahulu,” katanya.

Editor: | dalam: Sport |

44 Komentar pada “PASOEPATI BENTROK: Kelompok BCS Dituding Jadi Biang Bentrok”

  1. mikri
    22 April 2012 pukul 01:15
  2. Jerk
    22 April 2012 pukul 03:56

    video di dlm berita ini bisa mengunkap identitas si pembakar motor, soal kerusuhan -> silakan nilai sendiri

  3. 22 April 2012 pukul 04:30

    1).Yg anda disebut Suporter Jogja
    itu kelompok suporter mana??? Yg
    melakukan teror n provokasi
    dijalan sejak mrk datang itu
    siapa??Klarifikasi dong.
    2).Terus yg ngawal Bus pemain Persis siapa (yg ngawal selamat
    keluar stadion).
    3).Biar berita berimbang coba
    krocek dg BCS.
    4)Kanopi,Mushola tribun Merah n
    ubin2y rusak parah. Satu motor plat AB dibakar.
    5).Tlg sblm update berita Anda
    kroscek n klarifikasi dg pihak2 yg
    anda sebut itu.
    Suwun.

  4. dulgombes
    22 April 2012 pukul 06:45

    ini wartawannya dateng ke stadion gak sih? tau etika berita yang sifatnya bothside gak sih?
    bisa nyusun berita gak sih? tau runtutan kejadian gak sih? kalau gak tau cara buat berita, mundur jadi wartawan aja mas…….
    1. pasoepatilah yang memulai pesta ini dengan lemparan kedalam lapangan.
    2. tribun hijau tidak terima, dibalas oleh tribun hijau.
    3. merembet ke tribun selatan.
    kalau begini, orang cerdas pun bakal tau siapa biang keladinya…

  5. Anfield
    22 April 2012 pukul 07:19

    Dilihat yuk video bukti rekaman kemarin, masak merah-merah kayak gitu BCS ? http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/04/22/149559/Suporter-P
    SS-Sleman-dan-Persis-Solo-Bentrok/14

  6. BCSxPSS
    22 April 2012 pukul 08:19

    hayo terus salahke wae BCS,padahal BCS meng membeladiri,sek mulai yo kono disek,kene wes meneng ono sieh mbalangi + ngrusak fasilitas stadion + sepanjang pertandingan banyak lemparan botol kelapangan

  7. BCSxPSS
    22 April 2012 pukul 08:57

    kok sek disalahke BCS,padahal biangnya P*******i,mentang mentang media dari SOLO,tapi harus berimbang dong..

  8. 22 April 2012 pukul 11:58

    wo lha koq ra ngoco pasopati ki..sek salah ki sampean je…..

  9. 22 April 2012 pukul 13:22

    PASOEPATI-SLAMANIA-BCS tetap sodara..gojekan ala provokator bm, maiden jancok jangan membuat persahabatan, SOLO-SLEMAN terpecah” salam satu jiwa buat waega SOLO?????

  10. pongek
    22 April 2012 pukul 13:30

    sg ngawe brita , rung madang……….

  11. Nord Curva PSS Sleman
    22 April 2012 pukul 14:09

    Nord Curva PSS Sleman,
    Minggu, 22-April-2012

    Sekedar ingin mengklarifikasi atas hal sepeda motor yang terbakar. Kejadian ini terjadi di depan saya pada saat hendak menolong teman pasoepati yang terluka. api muncul akibat adanya percikan api yang disebabkan gesekan antara mesin dengan aspal akibat laju sepeda motor yang ingin diselamatkan oleh pemiliknya. lalu teman2 pasoepati dibantu oleh teman2 slemania dan bala slemania untuk memadamkan api. jadi tidaklah benar bila ada berita yang mengatakan bahwa yang membakar motr adalah teman2 BCS ataupun slemania. mohon untuk segera diralat berita diatas, karena anda hanya menanyangkan gambar dan tidak melakukan klarifikasi yang sahih. bila masih ada yang ingin berdiskusi dengan saya, baik dari rekan2 BCS ataupun Slemania … silakan add FB saya sesuai nama diatas.

  12. KAMI PENDUKUNG SETIA SUPER ELJA
    22 April 2012 pukul 14:26

    .selama ini pss vs persis belum pernah ada bentrok kayak gini
    .selama ini juga persaudaraan kita baik-baik saja
    .apaka persaudara kita harus berakhir kayak gini
    .itu semua tidak ada gunanya
    .mungkin ada profokator yg masuk dalam lingkungan persaudaraan kita
    .SLEMANIA,PASOEPATI,BCS tetap saudara sampe mati
    .jangan sampe persaudaraan kita pudar hanya karna ada yg mengadu domba kita
    .KITA SEMUA ADALAH SAUDARA SAMPE MATI

  13. paijo
    22 April 2012 pukul 15:24

    yang tawur sapa yang dituduh sapa, hambok pasoepati itu ngaca … sapa biang keladi yg lempar2 ke lapangan? Jangan setelah ngrusuh .. teriak2 itu provokator dari suporter lain. sifat kompeni jangan dibawa woi.. halloo ini 2012! lebih baik anda gentle mengakui krn itu emang salah anda menyulut perang duluan, jika pemain anda dilempar Flare sapa juga suporter yg terima. mikir donk pake otak!

  14. 22 April 2012 pukul 15:39

    Belain aja BCS sampe mampus,kalo salah ya salah,,,ndeso,kampungan.

  15. Sleman solo duluran
    22 April 2012 pukul 16:54

    SLEMAN SOLO KITA SAUDARA saudara sampai mati kejadian kmrin kita intropeksi diri tatap masa depan persaudaraan kita :)) love sleman love solo we are ONE HEART

  16. 22 April 2012 pukul 17:09

    mungkin saat pertandingan ada brajamusti yang beratribut BCS dan berulah..

  17. antok
    22 April 2012 pukul 17:49

    klo aq liat kemarin dijalan,aq nonton anak pasopati pulang sendiri duluan keluar dari rombongan tiba’ditabrak dihajar dikroyok di jl.kalasan dan anak”nya lari belok kekiri arah belakang prambanan.ya jelas kalah sendiri naik montor langsung disabet dari belakang.trus anak pasopati lempar batu membabi buta pantes gak terima teman di aniaya,tapi pasopati juga dpt balasan lemparan piring mangkok.ihhh ngeri,hampir kena mobil q.

  18. Ryan
    22 April 2012 pukul 21:02

    Saya ada di tribun merah bersama pasoepati. yang saya tahu ada kelompok pasopati yg mulai melempar pemain PSS, kemudian berlanjut melempar ke pendukung sleman. pas jeda pertandingan juga suporter pss yg pake hitam sudah mereda. tapi kelompok hitam pasoepati terus2 melakukan pelemparan ke sleman. bahkan saya sangat tidak respek dg suporter merah yg merusak kaca2 dan musola stadion.. astagfirullah.. di luar, saya liat pasopati memecah kaca mobil. oleh karena itu saya memisahkan diri dr rombongan.. mohon maaf bukan membela salah satu pihak tapi itu yg saya lihat.

  19. poe
    23 April 2012 pukul 08:58

    Namanya orang pasti cari benernya sendiri,
    Tapi coba lihat sodara pasoepati ku yang cidera,
    apa kalian BCS terima jika itu terjadi pada sodara sesama BCS kalian?
    aku rasa tidak,,
    disolo kami sambut hangat di sleman kalian sambut dengan hujan batu.

  20. 23 April 2012 pukul 11:11

    “aku” gak akan trima pemain2 ku dilempari botol+ flare d lapangan.. ak g akan trima stadionku dirusak.. itu adalah akarnya.. “aku” TIDAK MEMULAI..

  21. black pandawa 1976
    23 April 2012 pukul 11:36

    yg paling penting dalam bertamu adalah kesopanan :) BCS tidak memulai perkara !

  22. 23 April 2012 pukul 12:28

    instrospeksi dulu sebelum saling menyalahkan

  23. Ultras Familia
    23 April 2012 pukul 15:27

    Berita ini memang nggak berimbang. terkesan pembenaran untuk pihak tertentu.. -__-

    Fakta yang saya dapatkan di lapangan (kebetulan saya berada di tribun kuning)
    1. Yang memulai aksi pelemparan benda keras (pecahan keramik) adalah dari tribun merah, karna di tribun kuning nggak ada perusakan keramik atau fasilitas stadion yang lain. (silahkan cek)
    2. Banyak koordinator suporter BCS yang berupaya keras meredam aksi lempar balik dan berhasil, namun justru hujan pecahan keramik makin deras dari arah tribun merah.. (dimana koordinator merah? kok nggak ada yang meredam?)
    3. Aparat keamanan bertindak lamban dan terkesan membiarkan keramik beterbangan
    4. Saya mendapat informasi langsung dari koordinator BCS total korban BCS akibat pelemparan dari tribun merah di dalam stadion berjumlah 47 orang dengan luka2 yang cukup serius
    5. Kemarahan supporter di tribun kuning memuncak ketika melihat perusakan stadion oleh beberapa supporter dari tribun merah (pelemparan red flare ke dalam lapangan, dsb), dan berimbas di luar stadion..
    7. Siapa yang melakukan pembakaran motor? silahkan cek di website metrotv dan liputan 6

    Yach.. mungkin memang BCS yang SALAH dan selalu DISALAHKAN

    Marilah kita saling instropeksi daripada sibuk mencari kesalahan atau saling menyalahkan. kejadian pahit ini semoga menjadi pembelajaran bagi semua pihak tanpa kecuali.

    NO LEADER JUST TOGETHER

  24. slemania tribun timur
    23 April 2012 pukul 15:36

    mohon maaf, ngapunten sebelumnya. sejujurnya saya kecewa dgn pasoepati, karena beberapa alasan:
    1. sbg tim tamu rekan2 skalian rasanya kurang punya sopan santun. kami datang ke solo tnpa melakukan perusakan ataupun pelemparan ke lapangan. tp anda? stadion kami dirusak, flare dilempar ke lapangan
    2. kepada Mas Bimo Putranto, saya baca pernyataan anda di harian Solopos. tolong jgn salahkan panpel. introspeksilah diri anda sendiri. klo anda bisa mengendalikan anak buah anda, saya yakin kerusuhan tidak akan merembet hingga keluar stadion.
    Saya ngluruk ke solo disambut dgn baik oleh rekan2 Pasopati. Maka ketika rekan2 semua tandang ke sleman, saya jg pengen menyambut baik anda. saya tetap tidak respek dgn kelakuan anda. namun kemaren sabtu saya tunggui rekan2 pasopati yg belum bisa pulang ke solo di sebelah utara barat stadion untuk mengulurkan bantuan. bagi saya kemanusiaan tetap nomor 1. semoga bisa jadi ajang introspeksi untuk kedua belah pihak.

  25. bcsxpss
    23 April 2012 pukul 17:40

    @sek gawe berita : jungkatan sek kono !

  26. Pasoepati sukoharjo.
    23 April 2012 pukul 20:31

    Titenono nek neng soLo !!
    darah harus di bayar dengan darah !!
    BCS, the Maident, hancurkan !!

    We are Pasoepati !!

  27. 23 April 2012 pukul 21:20

    uwes ora usah udur golek kesalahan uwong..
    Leng penting tetep jogo persaudaraan bareng2..
    Kekancan mesti ana selisih tpi tetep iso di rampung ke apik2..
    PASOEPATI-SLEMANIA-BCS..
    geg kumpul dirampungne apik2 rasah golek kesalahan..
    Setuju kah?

  28. AGUS PASOEPATI
    23 April 2012 pukul 21:47

    ak pasoepatii ra trimo yen pasoepti diamux neng jogja,,we rne ae solo sopan og..nyatane kyo *****..tuan rumahe

  29. AGUS PASOEPATI
    23 April 2012 pukul 21:50

    gagsooo bcs fuck u

  30. pasoepati
    24 April 2012 pukul 00:41

    slemania ,bcs ramutu

  31. dimas
    24 April 2012 pukul 14:12

    lah nek gor balang2 bolo kwe rak trimo, lah nek ***** tak balang aspal pye……….??????

  32. 24 April 2012 pukul 23:51

    Lha wong yo hooligan i yo harus ngoNo kui. . .Tapi suk neh jo go watu yo…Koyo wong ndEso…
    .Ojo balang2an plus obong2an. . .Tapi jotos2an wae. . .

  33. arif setan dari surga
    26 April 2012 pukul 20:20

    BCS SAMPAH….!!!!!!!!
    pasoepati tak kan memaafkan siapa aja yg mengajak perang….!!!!!!
    kami pasoepati tak tkt mati….!!!!!!!!!!!!
    BCS HNYALAH SEKUMPULAN ORG TAK PNYA OTAK>>>!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  34. Holigan Brajamusti
    26 April 2012 pukul 21:41

    Pokoke i Empret senegane gae perkoro oponeh pasoepati ndeso :D

  35. Aldio Blog
    27 April 2012 pukul 01:36

    ujung2 e BM sing disalahke, pake pikiran yg jernih donk, ngapain BM masuk ke stadion kalau yg bertanding bkn PSIM, kalau diluar stadion baru anda boleh berfikir negatif,

    • cinta pasoepati
      1 Mei 2012 pukul 14:30

      lho banyak bukti valid dan otentik bahwa brajamusti/maiden datang ke mis waktu persis vs pss mas

      • 15 Mei 2012 pukul 12:56

        PASOPATI SOK TAU

        • MERAH
          29 Juni 2012 pukul 22:10

          bodoh sampeyan, lihat aja video youtube disana ada oknum suporter PSIM dengan nama akun agung braja sedang merekam video di maguwoharjo bersama kawan2nya, selain itu banyak bukti otentik lainnya, makanya sekolah dek, minum susu dulu sana

          • David
            23 Mei 2013 pukul 20:08

            Ternyata anda sudah tahu siapa provokator yaang sebenarnya.

  36. arif pasoepati
    1 Mei 2012 pukul 22:08

    bcs asu….rag wani tempur pye…..!!!kami pasoepati kant dendam dan mngibarkan bendera perang bt bcs…
    seporter lg seumur jagung wey wes meh gendero………!!!
    pasopati bela sampai mati..!!!!!!!

  37. Slemania Pordjo
    16 Mei 2012 pukul 15:34

    Jogja bersatu tak bisa dikalahkan

  38. cacink
    4 Juli 2012 pukul 22:50

    podo dolor kok rusuh boss

  39. Ryan hidayat
    30 April 2013 pukul 19:29

    walah,,, do ra iklas, ndelok bola
    pikirane ming rusuh,!!

    He suporter ro genk bedo mas
    nek suporter ki ndukung alur permainan ora malah do rusuh2x an ra jelas

    kabeh dulur sak indonesia

    glory indonesia

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga ยป