News
Jumat, 20 April 2012 - 17:08 WIB

ROTAN: Konsumsi Rotan Industri Mebel Capai 12.455 Ton

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuswoprihanto)

JAKARTA – Konsumsi rotan oleh industri kerajinan dan mebel nasional pada Januari-Maret 2012 tercatat 12.455 ton.
Advertisement

Wadirut PT Sucofindo Haris Witjaksono mengatakan komoditas alam itu dikirim dari daerah penghasil rotan seperti di Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra, ke pusat industri di Jakarta, Denpasar, Surabaya, dan Cirebon. “Kami baru melakukan verifikasi angkutan rotan antarpulau pada tahun ini. Industri rotan baru memasuki era baru, jumlah itu mungkin bisa kurang atau lebih dari yang dibutuhkan industri,” katanya hari ini.

Sementara itu, Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Mardjoko mengatakan langkanya rotan sebagai bahan baku tidak terbukti menyusul pertumbuhan ekspor barang jadi rotan. “Menurut saya tidak terbukti, karena faktanya ekspor barang jadi meningkat. Ekspor barang jadi rotan pada Januari tercatat US$15 juta, lalu Februari US$19 juta, dan Maret sebesar US$23 juta, jadi total sekitar US$58 juta,,” paparnya.

Adapun nilai ekspor barang jadi rotan pada kuartal I/2012 itu meningkat cukup signifikan sebesar 36% dibandingkan dengan kuartal I/2011.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif