Soloraya
Jumat, 20 April 2012 - 16:23 WIB

KOPI KEMASAN: Waspadai, Kopi Bercampur Bahan Kimia

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (bisnis-jabar.com)

Ilustrasi (bisnis-jabar.com)

BOYOLALI–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali meminta masyarakat mewaspadai maraknya peredaran kopi bercampur bahan kimia obat.

Advertisement

Dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menurut Kepala Dinkes Boyolali, Syamsudin ada sejumlah produk kopi yang dicampur bahan kimia obat.

Pihaknya meminta masyarakat terutama penyuka kopi harus waspada. BPOM menemukan beberapa merek dagang kopi kemasan yang mengandung bahan kimia obat (BKO) jenis tadalafil dan sildenafil.

“Dari hasil sampel dan pengujian BPOM terhadap 56 produk kopi kemasan yang beredar di beberapa wilayah kabupaten/kota, sebanyak 22 produk mengandung bahan kimia obat. Campurannya berupa sildenafil dan tadalafil yang merupakan salah satu obat disfungsi ereksi,” paparnya saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (20/4/2012).

Advertisement

Syamsudin menegaskan campuran BKO dianggap berbahaya karena bisa menyebabkan dampak negatif pada konsumen. Dijelaskan, tadalafil dan sildenafil jika dikonsumsi tanpa resep dokter bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.  Efeknya bisa berakibat muka merah, pusing, mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, kelainan jantung, nyeri dada, hingga palpitasi (denyut jantung cepat). Bahkan, bagi pecandu kopi bisa kehilangan potensi seks secara permanen hingga kematian.

Sejumlah produk-produk tersebut sudah mulai ditarik dari peredaran untuk kemudian dimusnahkan. Pihaknya juga akan melakukan operasi pasar dengan melibatkan BPOM khususnya di wilayah Boyolali.

“Para produsen dan pelaku usaha yang melakukan tindak tersebut akan dijerat dengan UU no 7/1996 tentang Pangan dengan ancaman pidana paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp600 juta,” paparnya.

Advertisement

Disebutkan, beberapa jenis dan merek kopi yang bercampur bahan kimia antara lain Kopi Mix Plus Ektrak Jahe, Kopi Mix Ginseng Korea 3 in 1, Bel-Bel Kopi Susu Extra, Black Borneo Platinum Coffee, Dream Coffee.  Selain itu, Dynamic Coffee/Dynamic Coffee Nusantara/Dynamic Tribulus Coffee, Golden Life, Good Coffee Premium/Good Coffee, Herba Max Coffee, Jahe Mix Barokah, Jomoon Instan Coffee, Joss-Fly Coffee Plus Panax Ginseng dan Kopi Cleng.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif