News
Kamis, 19 April 2012 - 16:07 WIB

STMIK Sinus Jalin Kerja Sama Internasional dengan NIIT India

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

istimewa/JIBI/SOLOPOS

SOLO – Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Sinar Nusantara (STMIK Sinus) Surakarta, untuk kali pertama menjalin kerja sama internasional. Mitra kerja sama yang akan membantu peningkatan mutu akedemik itu adalah National Institute of Information Technology (NIIT) India.

Advertisement

“Kerja sama yang kami lakukan ini adalah salah satu wujud usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Mr Pravesh Kumar, sebagai wakil dari NIIT India,” papar Ketua STMIK Sinur Surakarta Kumaratih Sandradewi SP MKom seperti disampaikan dalam rilis yang diterima solopos.com, Kamis (19/4/2012)

 

Dijelaskannnya, penandatanganan kesepahaman bersama itu sendiri telah dilaksanakan Sabtu (14/4/2012) lalu di Gedung C Kampus STMIK Sinus. Acara tersebut juga dihadiri oleh dosen pengajar, wakil dari Unit Kegiatan Mahasiswa dan staff STMIK Sinus. “Dengan adanya kerja sama ini, STMIK Sinus akan membuka Program Gelar Ganda (Double Degree), sehingga lulusan STMIK Sinus nantinya selain mendapatkan ijazah dari STMIK Sinus mereka juga akan mendapat sertifikat yang diakui secara internasional, yaitu Diploma dan atau Honors Diploma dari NIIT India,” jelas Ir Muhammad Hasbi M.Kom, Pembantu Ketua III STMIK Sinus.

Advertisement

Dalam pidato sambutan, Kumaratih Sandradewi menyatakan menyambut baik tawaran kerja sama ini. “Kami yakin bahwa bersama dengan profesionlisme NIIT dalam penguasaan eknologi informasi IT, kita akan dapat mempercepat pertumbuhan bakat dan mendorong pengembangan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia, dengan mencetak tenaga profesional di bidang IT dengan standar internasional.”

Perlu dijelaskan, NIIT merupakan salah satu lembaga pendidikan IT terbaik di dunia yang berpusat di India dan merupakan mitra terbaik Microsoft dalam pelatihan di Asia, yang telah beraliansi dengan Microsoft, Lotus, Computer Associates, Sun Microsystems, Citrix, IBM, dan Oracle.

 

Advertisement

Dalam kerjasama ini NIIT menawarkan penyediaan konten dan memberikan pelatihan bagi dosen. Selain itu NIIT juga memberikan pelatihan dan sertifikasi bagi mahasiswa STMIK Sinus, yakni English for Success dan Web Design. STMIK Sinus sendiri didirikan tahun 1993, adalah salah satu perguruan tinggi komputer di Surakarta yang saat ini memiliki lebih dari 1.500 mahasiswa aktif dari jenjang pendidikan Strata 1, meliputi Program Studi Sistem Informasi, dan Teknik Informatika, serta jenjang pendidikan Diploma III, meliputi Program Studi Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, dan Teknik Informatika.

Sesuai dengan visinya, Hasbi menjelaskan, STMIK Sinus bertujuan untuk menjadi perguruan tinggi terunggul di Jawa Tengah pada tahun 2015. STMIK Sinus mempersiapkan mahasiswa untuk berhasil dalam karir profesional mereka dengan memberikan pendidikan teknologi informasi (IT) dan keterampilan profesional. STMIK Sinus berfokus pada penyediaan kualitas pelayanan, pembelajaran, keterampilan, dan kerja sama, dan telah mendapatkan Standar ISO 9001:2008 sejak tahun 2009.

Atas terjalinnya kerjasama tersebut Mr Ajai Manohar Lal Chief Business Officer, Individual Learning Solutions ? IT (International), NIIT Ltd, melalui e-mail mengungkapkan bahwa kerjasama NIIT dengan STMIK Sinar Nusantara akan membantu melanjutkan tujuan NIIT untuk mengembangkan sumber daya manusia yang terlatih untuk industri IT yang berkembang cepat di Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif