Khazanah
Selasa, 10 April 2012 - 09:19 WIB

Sambiloto Redam Demam

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sambiloto (hendartoey.wordpress.com)

Sambiloto (hendartoey.wordpress.com)

Sebagian orangtua langsung panik ketika mendapati suhu tubuh anaknya naik drastis. Tak perlu obat kimia, sambiloto dapat diandalkan untuk mengatasinya.

Advertisement

Demam bisa merupakan tanda seseorang akan menderita penyakit tertentu. Penyebabnya beragam, yakni infeksi virus, seperti flu, cacar, campak, demam berdarah, dan yang disebabkan karena bakteri, seperti tifus dan radang tenggorokan.

“Ada pula demam yang disebabkan karena noninfeksi, seperti kanker, tumor, atau autoimun. Demam lainnya disebabkan karena faktor fisiologis seperti kekurangan cairan atau suhu udara terlalu panas,” ujar praktisi herbal, Winarko saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Bakri, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (8/4).

Nah, dari beberapa faktor penyebab demam, hanya yang disebabkan infeksi dan noninfeksi yang memerlukan obat penurun panas. Langkah pertolongan pertama yang efektif adalah menggunakan sambiloto.

Advertisement

Sambiloto yang dikenal masyarakat sebagai tanaman pahit  atau King of Bitter ini mengandung andrografolid lactones, diterpene, glucosides dan flavonoid yang dapat menurunkan panas.  Bahkan pada 1991 pernah diadakan penelitian di Thailand yang menyimpulkan enam gram sambiloto per hari sama efektifnya dengan parasetamol.

Cara membuat herbal ini yakni dengan merebus daunnya. Pertama rebus 10 gram daun sambiloto kering dengan 200 cc air. Rebus hingga mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring. Setelah hangat, tambahkan madu, lalu aduk rata. Minum setiap harinya satu gelas.

Kini juga telah ada sambiloto produk Tazakka dalam bentuk kapsul. Obat ini dapat dikonsumsi dua atau tiga kali sehari. Obat tradisional yang berasal dari tanaman herbal ini memiliki kelebihan, yaitu relatif lebih aman. Kandungan obat herbal ini bersifat kompleks dan organis sehingga dapat disetarakan dengan makanan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Demam SAMBILOTO
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif