Soloraya
Senin, 9 April 2012 - 08:46 WIB

JEMBATAN GANTUNG: Jembatan Gantung di Lereng Merapi Bakal Dipasangi Portal

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JEMBATAN GANTUNG--Salah satu jembatan gantung yang terletak di Dukuh Sepi, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. Diperkirakan, akhir April jembatan evakuasi ini sudah selesai pengerjaannya.Foto diambil baru-baru ini. ( Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

JEMBATAN GANTUNG--Salah satu jembatan gantung yang terletak di Dukuh Sepi, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. Diperkirakan, akhir April jembatan evakuasi ini sudah selesai pengerjaannya.Foto diambil baru-baru ini. ( Farida Trisnaningtyas/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI–Sejumlah proyek jembatan gantung yang dibangun di lereng Merapi terus dikebut. Bahkan, satu di antaranya pengerjaannya sudah hampir selesai. Menurut rencana, jembatan-jembatan ini bakal diberi portal untuk memberi batas maksimal bagi kendaraan yang diperbolehkan melintas.

Advertisement

Kebijakan ini diambil karena tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk jalur evakuasi. Terlebih saat terjadinya bencana seperti erupsi Merapi dua tahun lalu dan bukan untuk jalur terutama yang bermuatan berat seperti mobil pengangkut sayur atau kendaraan umum lainnya.

“Setelah jadi akan kita pasang portal di kedua sisi paling ujung jembatan. Maksimal berat sebesar 3 ton saja. Sebab, jalur ini untuk kendaraan pribadi bukan umum,” papar Pengawas Proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Tengah, Danang Purwoko saat ditemui wartawan di lokasi jembatan gantung akhir pekan kemarin.

Danang menambahkan portal itu dipasang untuk membatasi beban muatan kendaraan yang melintas di atas jembatan. Pasalnya, jembatan gantung dibuat sebagai jalur evakuasi. Sedangkan untuk kendaraan sayur lewat di jalan bawah yang sudah ada yang biasa digunakan warga sehari-hari.

Advertisement

Menurutnya, sejumlah jembatan gantung baik di Sepi, Kajor (Jrakah), Takeran (Tlogolele) serta Windu (Klakah) yang terletak di Boyolali untuk masyarakat. Sehingga, warga yang harus menjaganya dengan baik demi kelangsungan ke depan.

Di sisi lain ia mengungkapkan pengerjaan jembatan gantung di Sepi, Boyolali ini sudah rampung 90%. Dibandingkan empat jembatan lain, jembatan gantung Sepi memang sudah tahap finishing. Diperkirakan, akhir April jembatan ini selesai dikerjakan.

Sementara itu, Camat Selo, Subiso menjelaskan jembatan di Sepi sudah hampir jadi. Warga segera bisa memanfatkaannya. Bahkan, bakal ada bantuan rehab-rekon untuk memperbaiki sejumlah jembatan lainnya di lereng Merapi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif