Lifestyle
Sabtu, 7 April 2012 - 12:48 WIB

CAR FREE DAY: Jalan-Jalan Ditemani Kentang Hulahop

Redaksi Solopos.com  /  Is Ariyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kentang Hulahop (FOTO/Ahmad Hartanto)

Kentang Hulahop (FOTO/Ahmad Hartanto)

Jajanan ini mulai menyergap Solo sekitar setengah tahun lalu. Ada yang mengatakan kentang hulahop, kentang twister, kentang spiral dan lainnya. Di CFD, ada banyak penjaja makanan yang berasal dari bahan kentang dan memiliki bentuk unik ini. Salah satu tempat yang cukup lama dan mengenalkan kentang hulahop ini yaitu Ramayanto. Ia mengenalkan kentang hulahop, empat bulan lalu. “Ini sudah terkenal di Bandung dan Jakarta, kok di sini belum ada, ya saya coba sama anak,” kata dia.
Respons masyarakat cukup menggembirakan. Dalam satu pagi saja, 10 kg kentang yang bisa dibuat 100-an tusuk ludes. Bahkan jajanannya sudah ludes sebelum pukul 09.00 WIB. Daya tarik kentang ini adalah bentuknya yang unik, seperti spiral yang memanjang 30 cm. Ada beragam rasa seperti manis, balado keju, BBQ dan saus pedas. Harga kentang hulahop Rp5.000- Rp6.000 per tusuk. Rasa kentang hulahop ini tidak berbeda dengan french fries, hanya bentuk yang membedakan.
“Yang bikin lama itu mengiris kentang pakai mesin terus ditusuk-tusuk, saya nyiapinnya dari pukul 24.00 malam tadi,” kata Rama, Minggu (1/4).
Proses berikutnya, kentang yang telah diiris spiral, kemudian digoreng. Saat di lokasi CFD, kentang digoreng kembali biar makin renyah dan gurih. Tahap terakhir yaitu ditaburi bumbu sesuai keinginan. “Paling laris balado dan BBQ, anak-anak paling suka karena bentuknya yang unik.”
Rama yang menjalankan bisnis ini bersama putrinya tidak perlu membutuhkan tempat yang besar karena jenis jajanan ini tidak perlu dinikmati di tempat. Pembeli bisa menikmati kentang hulahop ini sambil naik sepeda, melihat-lihat hiburan musik atau jalan-jalan santai bareng mamalia atau reptil yang biasa menemani tuannya jogging.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif