Lifestyle
Senin, 2 April 2012 - 11:39 WIB

13 Perancang Unjuk Kekhasan

Redaksi Solopos.com  /  Is Ariyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rancangan Natasha Windura (FOTO/Istimewa)

Rancangan Natasha Windura (FOTO/Istimewa)

Sebanyak 13 perancang busana tampil di Pre Launching Jogja Fashion Week 2012, Selasa (20/3) lalu. Mereka tampil mengusung konsep rancangan yang menebarkan pesan Dharmasukma, sesuai dengan tema JFW 2012.

Advertisement

Ketiga belas perancang busana tersebut adalah Afif Syakur, Philip Iswardono, Sugeng Waskito, Yulvita Janitra, Eny Kurniawati, Uzi Fauziah, Mudrika, Riani Biku Batik, D’Lind Soul by Andre & Risa, Natasha Wndura, Fery Setiawan dan Intan Avantie.

Masing-masing perancang busana menampilkan kreasi karya yang menunjukkan ciri khas garis rancangannya.  Afif Syakur, fashion designer kawakan Jogja mengusung rok terusan batik warna biru dongker dengan motif simpel dan modern. Philip menghadirkan kreasi tenun yang dipadukan dengan katun menjadi  busana ready to wear yang colourfull. Demikian pula dengan Sugeng Waskito, pemilik label Gee Batik ini mengemas kaftan batik motif kupu-kupu dengan warna-warna kontras.

Sedangkan dua perancang busana asal Semarang, Intan Avantie dan Ferry Setiawan menampilkan kreasi busana dari kekuatan lace Prancis.

Advertisement

Intan Avantie tampil dengan kebaya warna-warna pastel yang dipadu dengan organdi diberi lace bertumpuk. Kekuatan warna pastel juga diaplikasikan pada kebaya dengan jubah tulle  di bahu.

Berbeda dengan Ferry Setiawan yang menerapkan lace Prancis sebagai rok selutut dengan mengolaborasikan dengan batik warna abstrak.  Sementara Natasha Windura, satu-satunya perancang busana dari Solo yang tampil di pre JFW 2012 lalu menyuguhkan gaun dari bahan kulit dan kulit sintetis motif animal print yang memberi kesan eksotis.

Pada kesempatan tersebut pemilik label di Jogja juga tampil. Di antaranya  D’Lind Soul  juga tampil dengan minidress dari batik motif abstrak. Riani Biku Batik juga menghadirkan busana two pieces kombinasi bahan polos warna kuning degan bahan kotak-kotak dominasi merah, kuning, putih dan hitam, seperti mengadopsi kain poleng khas Bali.

Advertisement

Menurut Nell Kalinin, salah satu Divisi Media JFW 2012, dari sekian perancang busana yang akan tampil, hanya 13 perancang busana yang siap dan ditampilkan di acara Pre JFW 2012.

“Selain keterbatasan waktu, juga kesiapan para perancang busana sehingga baru 13 perancang busana yang tampil di pre JFW 2012. Target kami sampai 75 fashion designer baik dari Solo, Yogyakarta, Semarang maupun Jakarta dapat tampil di JFW 2012,” ungkap Nell.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif