News
Jumat, 30 Maret 2012 - 15:38 WIB

PENDAFTARAN SISWA BARU: Keluarga Miskin Tak Perlu Takut Daftar di Sekolah Favorit

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendaftaran Siswa Baru SMA (google.img)

Ilustrasi Pendaftaran Siswa Baru SMA (google.img)

SOLO– Angin segar bagi siswa dari keluarga tidak mampu. Karena mereka tidak perlu takut mendaftar ke sekolah favorit karena ada mekanisme Pendaftaran Siswa Baru (PSB) keluarga miskin (Gakin).

Advertisement

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Radik Karyanto, mengungkapkan berdasarkan pengalaman tahun lalu, ada sekolah-sekolah yang peminat PSB Gakinnya rendah. Bahkan ada yang kuotanya tidak terpenuhi. Hal itu biasanya terjadi pada sekolah-sekolah ternama.

“Asalkan memenuhi syarat, siswa dari keluarga tidak mampu tidak perlu takut mendaftar ke sekolah tertentu. Kalau ada kursi siswa Gakin yang kosong kan sayang,” ungkap Radik saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (30/3/2012).

Oleh karena itu, lanjutnya, sekolah diharapkan menyosialisasikan PSB Gakin kepada masyarakat secara benar.

Advertisement

Sementara itu, meski dinas pendidikan se-Soloraya sepakat memulai PSB setelah Ujian Nasional (UN), SMAN 3 Solo sudah mulai menerima berkas pendaftaran calon siswa program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Akselerasi.

Kepala SMAN 3 Solo, Makmur Sugeng, mengungkapkan SMAN 3 Solo terpaksa menerima berkas pendaftaran lebih awal karena didesak orangtua siswa. Banyak orangtua dan siswa yang datang ke SMAN 3 Solo karena mengira pendaftaran sudah dimulai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hingga Jumat, terangnya, berkas calon pendaftar program RSBI dan Akselerasi SMAN 3 Solo jumlahnya lebih dari 100 orang. Tahun ini SMAN 3 Solo akan menerima siswa baru program RSBI sebanyak 10 kelas dan program Akselerasi tiga kelas. Setiap kelas RSBI berisi 32 siswa. Sedangkan kelas Akselerasi sebanyak 22 siswa/kelas.

Advertisement

Sementara itu SMAN 1 Solo yang juga menyelenggarakan program RSBI dan Akselerasi, sudah mulai melakukan pendaftaran PSB RSBI dan Akselerasi secara online, sejak 26 Maret- 22 April.

Ketua Program RSBI SMAN 1 Solo, Dra Harminingsih MPd, mengungkapkan pendaftaran secara online itu hanya untuk melihat sejauhmana minat masyarakat mendaftar di SMAN 1 Solo. “Penerimaan berkas pendaftaran dan seleksi akan dilakukan sesuai jadwal dari Disdikpora,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif