Lifestyle
Sabtu, 17 Maret 2012 - 12:02 WIB

Disuka Karena Kandungan Gizi

Redaksi Solopos.com  /  Is Ariyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sambal tumpang yang berbahan dasar tempe semangit atau tempe basi ini rupanya banyak disukai masyarakat karena kandungan giziya.
Menurut Ny Sumanto, 57, pemilik warung Mbok Manto, di Teposan RT 002/RW 002, Sriwedari, Laweyan, Solo, sambal tumpang atau botok ini punya banyak kandungan gizi. Meskipun dibuat dari tempe basi dan tahu.

“Tempe dan tahu itu kan banyak gizinya, mengingat bahan dasar pembuatan tempe dan tahu adalah kedelai,” kata Ny Sumanto, saat ditemui Espos, di lokasi usahanya, Rabu (14/3).
Seperti diketahui, tempe mengandung banyak vitamin B. Makan tempe akan mencegah anemia bahkan mengurangi risiko kanker payudara. Di satu sisi, Sumanto juga menyebut bagi ibu hamil dan menyusui, makan menu sambal tumpang ini sangat disarankan. Sambal tumpang ini pendukung dari menu utama yakni sayuran.
“Biasanya, ibu hamil dan menyusui sangat disarankan makan sambal tumpang. Tapi, supaya khasiatnya lebih terasa, harus dengan sayuran. Orang desa, biasanya memadukan sambal tumpang ini dengan daun adas. Dijamin, akan memperlancar air susu ibu (ASI) dan agar ASI tidak bau amis,” terang Ny Sumanto.

Advertisement

Dengan berbagai bahan yang digunakan dalam pembuatan sambal tumpang, satu porsi sambal tumpang itu memenuhi kebutuhan gizi seimbang, yakni mulai karbohidrat, lemak, protein dan kalori.

Sementara, menurut pemilik Wedangan Kedai Kita di Jl Melati 86, Purwosari, Solo, Siti Rejeki, 52, kandungan gizi dalam menu sambal tumpang cukup banyak disokong dari sayur-sayuran yang dipakai sebagai menu utama.

“Karena dimakan dengan sayur-sayuran, jelas sambal tumpang ini banyak kandungan gizinya.”
Dari tempe saja, makanan yang cukup populer ini dinilai kaya gizi dan khasiat. Dengan rajin mengonsumsi tempe, proses penuaan dapat dihambat. Beberapa khasiat tempe tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya. Belum lagi rempah-rempah yang digunakan untuk memasak sambal tumpang tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif