News
Rabu, 14 Maret 2012 - 09:18 WIB

PENYELUNDUPAN SABU: Digagalkan Penyelundupan 8.450 Galon Bahan Pembuat Shabu

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MEXICO CITY- Pihak keamanan Meksiko mengungkap penyelundupan 8.450 galon atau sekitar 32.000 liter metilamin, bahan kimia pembuat narkoba di sebuah pelabuhan. Cairan itu berasal dari China menuju Guatemala.

Seperti diberitakan AFP, Selasa (14/3/2012), tentara Angkatan Laut (AL) dan petugas bea cukai Meksiko menggagalkan penyelundupan itu di pelabuhan Pasifik Manzanillo.

Advertisement

Menurut Lembaga Penindakan Narkoba (DEA) Amerika Serikat (AS), cairan itu berada di 160 drum logam pada dua kontainer yang berasal dari Shanghai, Cina. Bahan kimia untuk pembuatan narkotika sintetik ini diakui mulai marak berkembang biak di Meksiko dan Guatemala dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak berwenang Meksiko telah menyita sekitar 2.000 metrik ton bahan kimia jenis ini dalam lima tahun terakhir. Di Amerika Serikat, metamfetamin, juga dikenal sebagai ‘shabu’ atau ‘kristal’, dan dikenal lebih populer daripada kokain dan heroin di masyarakat miskin.

Narkoba jenis ini tergolong murah dan sangat adiktif. Narkotika jeni ini dapat menyebabkan masalah mental seperti skizofrenia atau paranoia dan berkontribusi terhadap penyebaran HIV.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif