Lifestyle
Senin, 12 Maret 2012 - 11:33 WIB

GULA DARAH: Turunkan Kadar Gula Darah Dengan Mengonsumsi Sayur di Pagi Hari

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (thinkstock)

(thinkstock)

JAKARTA–Beberapa orang yang memiliki penyakit diabetes kadang mengalami kenaikan kadar gula darah di pagi hari. Ternyata kadar gula darah yang tinggi di pagi hari ini bisa diturunkan dengan makan sayuran.

Advertisement

Sayuran tidak hanya baik dikonsumsi malam hari ketika seseorang diet, karena mengonsumsi sayuran yang tepat di pagi hari bisa membantu mencapai kadar gula darah ke tingkat normal sekaligus memberikan nutrisi penting.

Meningkatnya kadar gula darah di pagi hari sering disebabkan oleh beberapa faktor. Ahli dari Clevelend Clinic menjelaskan salah satunya tubuh seseorang menyimpan gula yang dikonsumsi malam hari. Saat pagi, tubuh akan menarik gula tersebut dari tempat penyimpanannya sehingga kadar gula darah meningkat.

Kadar gula darah yang tinggi atau disebut dengan hiperglikemia ditandai dengan rasa haus yang meningkat, ingin buang air kecil terus, penglihatan yang sedikit kabur serta kelelahan.

Advertisement

Beberapa sayuran diketahui bisa membantu menurunkan atau menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini karena sayuran mengandung serat sehingga bisa membantu menurunkan gula darah, seperti dikutip dari MayoClinic, Senin (12/3/2012).

Makanan yang diketahui mengandung serat larut bisa membantu menurunkan gula darah, seperti sayuran wortel, brokoli, kembang kol, buah bit, jamur tertentu serta sayuran hijau termasuk bayam dan kangkung.

Sayuran ini bisa dicampur dengan makanan sarapan pagi, misalnya mencampur telur dengan brokoli, asparagus dan sedikit keju cheddar, atau mengonsumsi telur rebus dan daun bayam. Selain itu sayuran ini juga bisa dijus, misalnya jus wortel, jus bit atau bayam.

Advertisement

Meski begitu American Diabetes Association menyarankan untuk menghindari sayuran bertepung karena mengandung karbohidrat tinggi yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Sebaiknya hindari kacang polong, jagung atau labu di pagi hari. Jika konsumsi sayuran dalam kaleng maka baca label karena biasanya mengandung gula tambahan.

Advertisement
Kata Kunci : Gula Darah Kadar Pagi Sayur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif