Entertainment
Minggu, 11 Maret 2012 - 14:08 WIB

Royalti Karya Manthous Banyak Kena Potongan

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

alm Manthous (IST)

GUNUNGKIDUL—Keluarga almarhum Manthous mengaku royalti yang diterima dari sebuah lembaga karya cipta sangat kecil. Dalam setahun, royalti atas karya seni dan intelektual sang maestro banyak dipotong lembaga yang beralamat di Jakarta tersebut.

Advertisement

Tatut Dian Ambarwati, 38, putri pertama almarhum Manthous mengeluhkan nilai royalti karya-karya ayahnya yang nyaris habis “di jalan” karena banyaknya potongan.

“Royalti yang bapak dan keluarga terima dari salah satu lembaga karya cipta itu sangat kecil. Boleh dibilang habis dipotong yang nilainya sangat besar. Jadi terimanya sampai bapak hanya tinggal seberapa saja,” kata Tatut kepada Harian Jogja akhir pekan lalu.

Tatut mengakui, nilai royalti diterima selama ini tidak lebih Rp 5 juta setiap tahun. Ia mengaku masih mendapat laporan terkait penggunaan karya almarhum ayahnya oleh pihak ketiga. Namun ia mengaku pelaporan yang hanya setahun sekali bukanlah sistem yang sehat.

Advertisement

“Kami sulit mengontrol. Tahu-tahu langsung datang rekap dalam setahun berjalan. Nilai royalti pun sudah dipotong dimuka,” urai Tatut.

Meski begitu, pihaknya belum berpikir untuk menarik karya-karya milik Manthous yang berjumlah lebih dari 100 judul lagu dari lembaga tersebut. Hanya saja, Tatut mengaku lebih senang bekerja sama langsung dengan pengguna seperti produser dan lainnya karena dianggap dapat dipercaya. (ali)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Campursari Manthous Royalti
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif