Soloraya
Rabu, 7 Maret 2012 - 07:35 WIB

ESEMKA: Dosen Polman Klaten Sumbangkan Femax Bagi Esemka

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (productsdb.com)

SOLO – Di tengah polemik yang kini menyelubungi mobil Esemka, dukungan tetap berdatangan. Kali ini seorang dosen Politeknik Manufaktur (Polman) Ceper, Klaten, Joko Istiyanto yang merupakan juara nasional pemuda pelopor tahun 2007 bidang teknologi tepat guna dan hemat enerji, didampingi Hussein Syifa, pengurus Koperasi Batur Jaya, Ceper, Klaten, menyumbangkan karyanya bernama Fuel Eficiency Maximum (Femax) Combo. Produk yang sudah disertifikasi hak paten itu berfungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BMM) pada kendaraan sekaligus mengurangi kandungan negatif gas buang.

Ilustrasi (productsdb.com)

Advertisement
Joko mengatakan Femax Combo dapat menghemat BBM hingga sekitar 35 persen. Produk yang sudah dijual bebas dengan harga Rp100.000 hingga Rp300.000/alat itu juga bisa mengurangi emisi hingga angka 40 persen. Alat berbentuk bulat memanjang sebesar genggaman tangan orang dewasa itu dipasang di selang bensin yang menuju ke karburator atau injektor. Femax Combo bekerja dengan menyempurnakan proses pembakaran BBMsehingga emisi yang mengandung racun berbahaya berkurang.

“Sebelumnya saya sudah koordinasi dengan Pak Jokowi dan pihak PT SMK. Kedatangan saya untuk memberikan alat saya Femax kepada Esemka secara gratis sejumlah yang dibutuhkan,” katanya. Joko menyarankan untuk mengurangi racun gas buang bisa juga menggunakan catalytic converter yang sudah banyak dikembangkan industri kecil di Sayangan, Purwokerto. Harga satu catalytic converter cukup terjangkau, sekitar Rp5 juta.

Sedangkan Hussein Syifa, praktisi pengecoran logam asal Ceper menyatakan Koperasi Batur Jaya dan Polman Ceper mendukung dan siap bekerja sama untuk pengembangan mobil Esemka sebagai embrio mobil nasional. “Saya yakin dengan keterlibatan banyak pihak ini bisa kita lakukan. Bila ada kerja sama antarkluster kita siap lakukan,” tegas dia.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Kurniawan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif