Jogja
Minggu, 4 Maret 2012 - 17:54 WIB

Jembatan Gantung Karet Lapuk, Warga Resah

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dinda Leo Listy/JIBI/Harian Jogja

BANTUL—Tiap ada pengendara motor yang melintas di atasnya, jembatan gantung Karet yang menghubungkan Dusun Karet, Pleret dan Karanggayam, Segoroyoso langsung mengeluarkan derak suara khas yang cukup memekakkan telinga.

Advertisement

“Suaranya terdengar lumayan keras karena kayunya lapuk,” kata Supriyadi, 55, warga Dusun Karet saat ditemui Harian Jogja di dekat jembatan yang melintang di atas Kali Opak itu, Minggu (4/2) siang. Selain sudah lapuk, kayu yang menjadi dasar jembatan juga renggang karena banyak bautnya yang lepas.

Akibatnya, lapisan aspal di jembatan sepanjang sekitar 40 meter itu terkelupas. Bahkan, Supriyadi mengungkapkan, beberapa sambungan besi di kedua ujung jembatan itu ada yang copot karena dimakan usia.

“Kondisi seperti ini memang sudah cukup lama. Sejak dibangun sekitar 10 tahun silam, tampaknya belum ada perbaikan yang serius,” ujar dia.

Advertisement

Jumadi, 45, yang juga warga Dusun Karet menambahkan, perbaikan jembatan terkadang dilakukan namun hanya dalam skala kecil saja.

“Terkadang ada tukang las yang tampak menyambung besi pagar jembatan yang rusak,” terang dia. Namun, baru berselang beberapa bulan, sambungan yang usai diperbaiki itu terlepas lagi.

Meski hanya mampu dilalui satu sepeda motor, jembatan gantung Karet adalah satu satunya jalan pintas warga Segoroyoso bagian Barat untuk menuju pusat Kecamatan Pleret.

Advertisement

“Dulunya hanya jembatan sesek dari bambu. Lantaran selalu rusak dan hanyut tiap diterjang banjir, akhirnya dibangunlah jembatan gantung ini,” kenang ayah empat anak itu.

Lurah Desa Segoroyoso, Miyadiyana menuturkan, selama ini perawatan jembatan gantung Karet dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Ia berharap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul meninjau kondisi jembatan gantung tersebut. (ali)

Advertisement
Kata Kunci : Bantul JEMBATAN KARET Lapuk
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif