Entertainment
Kamis, 1 Maret 2012 - 12:40 WIB

PAUNDRA: Kisah RONGGOWARSITO Bakal Diangkat ke Layar Lebar

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paundra

Paundra

SOLO- Kisah kehidupan pujangga besar tanah air yang meramalkan akan datangnya sang ratu adil, RNg Ronggowarsito bakal diangkat ke layar lebar. Pewaris tahta Mangkunegaran, Paundrakarna  menjadi produser film bergenre sejarah kolosal tersebut.

Advertisement

Ditemui wartawan di sela-sela seminar bertajuk Pengaruh Karya Sastra R Ng Ronggowarsito terhadap Ipoleksosbud yang digelar Karya Sinema Nusantara (KSN) bekerja sama dengan UNS Solo di Pendapa Loji Gandrung, Kamis (1/3/2012), Paundra mengatakan maksud dibuatnya film tentang kehidupan Ronggowarsito adalah untuk nguri-uri atau melestarikan nilai-nilai ajaran Ronggowarsito yang tercermin dalam karya-karyanya.

“Ide pembuatan film ini bermula dari ajakan Mas Jiwo Kusumo selaku sutradara film ini. Teman-teman juga sangat mendukung. Jika tidak ada halangan, tahun ini mestinya sudah bisa diluncurkan,” jelas Koordinator KSN, yang juga mantan anggota DPRD Solo dari PDIP ini.

Paundra mengungkapkan film ini rencananya mengambil seting di Solo dan akan dibuat dalam waktu sekitar tiga bulan. Mengenai pemainnya, Paundra belum bersedia menyebut. Dia hanya mengatakan akan merangkul semua pihak agar bersama-sama berjuang mengangkat kisah tersebut.

Advertisement

Dalam sambutannya pada seminar tersebut, Paundra menerangkan untuk pembuatan film itu telah diadakan riset secara serius selama enam bulan terakhir. Banyak data yang simpang siur yang diperoleh selama riset, sehingga seminar itu digelar untuk menguji data-data yang ada maupun menggali data yang belum diperoleh.

Sementara itu, ketua panitia seminar yang juga salah satu pembicara dari UNS, Supardjo menambahkan seminar digelar untuk penelusuran sejarah, menguji teori yang paling kuat seputar sejarah kehidupan Ronggowarsito, hingga penyebab kematiannya yang misterius. Teori tentang sejarah yang dianggap paling benar itulah yang akan diangkat dalam cerita film.

Ada sejumlah pembicara yang hadir dalam seminar itu. Di antaranya sejarawan UNS Soedarmono, GBPH Dipo Kusumo, Anung Tejo Wirawan, Amir Rochyatmo, Prof Sutomo dan Supardjo. JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif