News
Jumat, 24 Februari 2012 - 07:31 WIB

MOBIL ESEMKA: Pencopotan Nama Kiat Untuk Mempermudah Izin

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (dok)

Mobil Esemka (dok)

SOLO--Kepala SMKN 2 Solo, Susanta, mengungkapkan pencopotan nama Kiat Esemka itu hanyalah untuk mempermudah izin, mengingat nama proposal pengajuan uji Emisi menggunakan nama Esemka dengan tipe Rajawali dan Bima.

Advertisement

Dia mengatakan ada dua mobil yang diajukan untuk uji emisi yakni jenis Sport Utility Vehicle (SUV) Rajawali Esemka dan pikap Bima Esemka, pada Senin mendatang. Menurutnya, nama Kiat Esemka itu  untuk menyebut jalinan kerjasama SMK dengan perusahaan atau lembaga yang digandeng, nama itu bisa dipasang kembali seusai merampungkan perizinan. Sekolah memang bebas untuk menggandeng partner kerja, nama Kiat yang tertera itu untuk menyebut partner SMKN 2.

“Untuk mempermudah perizinan saja, karena pada awalnya nama mobil itu hanya Esemka dengan berbagai tipe disesuaikan dengan jenisnya,” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/2/2012).

Dia mengatakan brand yang dijual di Solo Manufaktur Kreasi nantinya juga bernama Esemka, mengingat berbagai sekolah lainnya juga memproduksi barang dengan tipe yang sama. Untuk mempermudah perizinan, Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Joko Sutrisno, meminta untuk  mengembalikan nama awal mobil, yakni Esemka.

Advertisement

“Biar proses perizinan itu selesai dulu, nama kiat itu bisa dipasang lagi untuk menandakan ada kerja sama SMKN 2 Solo dengan Kiat Motor, Klaten,” jelas dia.

Menurutnya, pemilik Kiat Motor Klaten, Sukiyat, tidak perlu kecewa berlebihan mengingat kerja sama yang dilakukan merupakan hasil kerjasama SMK dengan Kiat Motor. Dia pun mengaku tidak memiliki persoalan sebelumnya terkait proyek Esemka ini.

“Tidak perlu kecewa, karena ini demi menyukseskan proyek mobil nasional,” ungkap dia.

Advertisement

(JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif