JENDERAL TNI DIMUTASI, Mayjen Munir Jadi Pangkostrad

23Mayjen Munir

JAKARTA- Gerbong mutasi TNI kembali bergulir. Sebanyak 53 perwira tinggi (Pati) TNI dirotasi. Pangdam III Siliwangi Mayjen Muhammad Munir menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad).

“Ada pergeseran,” kata Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, Kamis (23/02/2012).

53 Pati itu terdiri dari 9 Pati di lingkungan Mabes TNI, 15 Pati di lingkungan TNI AD, 11 Pati di lingkungan TNI AL, delapan Pati di lingkungan TNI AU, enam Pati di lingkungan Kemhan RI, satu Pati di lingkungan Kemenko Polhukam RI, satu Pati di lingkungan Wantanas, satu Pati di lingkungan Unhan, dan satu Pati di lingkungan Mahkamah Agung RI.

Dari jumlah total itu, 25 Pati dimutasi antarjabatan dalam pangkat yang sama, 19 Pati promosi jabatan, serta 9 Pati dalam rangka pensiun. Mutasi itu dalam rangka pembinaan organisasi TNI guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depannya.

“Sehingga kinerja TNI ke depan lebih optimal,” ujar Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprapto, dalam siaran persnya.

Mutasi itu berdasar surat keputusan Panglima TNI nomor: Kep/96/II/2012 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI bertanggal 20 Februari 2012.

Dalam mutasi itu, Mayjen TNI Muhammad Munir dari Pangdam III/Siliwangi dipromosikan menjadi Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Azmin Yusri Nasution. Sementara, Azmin dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

18 Jenderal yang mendapatkan promosi adalah Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono dari Staf Khusus Kasad menjadi Sesmenko Polhukam RI, Laksda TNI Sumartono dari Asrena Kasal menjadi Irjen Kemhan RI, Brigjen TNI Joko Sriwidodo dari Dirpalad menjadi Aslog Kasad, Brigjen TNI Dicky Wainal Usman, S.IP., M.Si. dari Dirziad menjadi Asrena Kasad.

Laksma TNI Sri Muhammad Daro Jatim dari Wadan Seskoal menjadi Pangkolinlamil, Laksma TNI Denny Novendy dari Wadan Kodiklat TNI menjadi Pa Sahki Tk. III Bid. Intekmil Panglima TNI, Marsma TNI R Hari Muljono dari Kadisbangopsau menjadi Dankodikau, Kolonel Adm Sutedjo dari Sesdiskuau menjadi Kadiskuau, Kolonel Pnb Yuyu Sutisna dari Paban VI/Binprofops Sopsau menjadi Pangkosek Hanudnas III Mdn, dan Kolonel Inf Pandji Suko Hari Yudho dari Sesdispenad menjadi Kadispenad.

Jenderal yang dimutasi dalam rangka pensiun selain Letjen TNI Azmin Yusri Nasution, adalah Letjen TNI Hotmangaradja Panjaitan dari Sesmenko Polhukam RI menjadi Pati Mabes TNI AD, Laksdya TNI Gunadi, M.D.A. dari Irjen Kemhan RI menjadi Pati Mabes TNI AL, Marsda TNI Bonggas S. Silaen, S.IP,. dari Dirjen Renhan Kemhan RI menjadi Pati Mabes TNI AU, Laksda TNI Stephanus Budiyono, S.H. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL, dan Laksma TNI Iwan Koestiyawan, S.IP,. M.M. dari Kapusdatin Unhan menjadi Pati Mabes TNI AL.

Pati yang dimutasi antarjabatan dalam pangkat yang sama, yaitu Mayjen TNI Sonny Widjaya dari Aslog Kasad menjadi Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Ir. Drs. Subekti, M.Sc. dari Asrena Kasad menjadi Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tan Aspan dari Pangdam VI/Mulawarman menjadi Staf Khusus Kasad, Marsda TNI Sunaryo dari Pangkoopsau I menjadi Dirjen Renhan Kemhan RI, Marsda TNI Bagus Puruhito dari Dankodikau menjadi Pangkoopsau I.

Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. dari Pangkolinlamil menjadi Pangarmatim, Laksda TNI Ade Supandi, S.E. dari Pangarmatim menjadi Asrena Kasal, Brigjen TNI Ir. Wiryantoro, N.K. dari Kadispenad menjadi Waasrena Kasad, Brigjen TNI P. Prasetyanto, S.IP, S.E. dari Waasrena Kasad menjadi Dirpalad, Marsma TNI Potler Gultom dari Kadiswatpersau menjadi Kadisbangopsau, Brigjen TNI (Mar) Lukman Sofyan dari Waaster Panglima TNI menjadi Wadan Kodiklat TNI dan Laksma TNI A. Taufiqoerrochman M., S.E. dari Danguspurlaarmabar menjadi Wagub AAL. detikcom

Editor: | dalam: News |

Berita Terkait

    Iklan Cespleng
    Menarik Juga ยป