Soloraya
Kamis, 23 Februari 2012 - 10:05 WIB

Jateng Targetkan SUPLUS BERAS 3,1Juta Ton

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PANEN RAYA-Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, melakukan panen raya padi varietas inpari 13 di Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (22/2/2012).

PANEN RAYA-Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, melakukan panen raya padi varietas inpari 13 di Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (22/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik Prakoso)

KLATEN–Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menargetkan surplus beras 3,1Juta ton beras pada 2012 ini.

Advertisement

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, saat mengadakan panen raya padi varietas inpari 13 di Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (22/2/2012) pagi. “Kami menargetkan Jateng bisa surplus 3,1juta ton. Kami optimis untuk mencapainya,” terang Bibit.

Bibit mengungkapkan guna mencapai target tersebut pihaknya mengimbau para petani untuk melakukan tanam serempak pada masa tanam selanjutnya. Hal itu dimaksudkan agar pengawasan terhadap hama pengganggu tanaman dapat dilakukan dengan mudah. “Kebersamaan itu bagus. Tanam serempak bisa digunakan untuk pemantauan lebih mudah. Tidak seperti kemarin, petugas harus melompat-lompat saat mengatasi hama,” ujarnya.

Di sisi lain, Bibit mengungkapkan Jateng siap membantu pemerintah untuk mencapai surplus beras. Hal ini lantaran Jateng menopang ketahanan pangan nasional sebesar 16 persen.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik Prakoso

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif