News
Sabtu, 11 Februari 2012 - 10:58 WIB

IRAN: ISRAEL di Balik Tuduhan Senjata Nuklir

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA- Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh menuding Israel berada di balik semua tuduhan adanya senjata nuklir yang dimiliki oleh Iran.

“Kebangkitan Islam membuat keberadaan zionis Israel terancam, maka dari itu Israel membuat gaduh dengan menuduh tanpa dasar bahwa Iran memiliki senjata nuklir,” ujar Mahmoud Farazandeh di Jakarta, Jumat (10/2/2012) malam.

Advertisement

Ia mengatakan bahwa nuklir yang dimiliki Iran digunakan untuk kepentingan sipil, bukan digunakan untuk kepentingan militer. Bahkan, Iran sejak 2007 sudah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menghilangkan silang pendapat dengan membahas isu-isu yang beredar saat itu.

“Setiap pertanyaan dan dugaan yang disampaikan sudah dijawab, baik secara tertulis maupun wawancara. Jadi, yang ada sekarang hanya tuduhan,” tambah dia.

Tuduhan itu, lanjut dia, disampaikan oleh badan intelijen. Namun, ketika sampai di bawah pengawasan Badan tenaga atom internasional (IAEA) tuduhan yang dilontarkan itu tidak benar.

Advertisement

Mahmoud menambahkan Iran juga telah mengundang kembali pejabat IAEA untuk melakukan pemeriksaan terhadap nuklir yang dimiliki Iran.

“Tidak ada bukti apa pun bahwa nuklir yang dimiliki Iran untuk tujuan damai ke nondamai. Dengan adanya ancaman Israel akan menyerang Iran membuktikan bahwa zionis berada di balik semua ini,” kata dia.

Dalam laporan IAEA yang diterbitkan pada bulan November 2011 menyatakan ada bukti yang dapat dipercaya bahwa “Iran telah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan senjata nuklir” setidaknya sampai akhir 2003.

Advertisement

Laporan itu menjadi bukti paling keras yang pernah dikeluarkan mengenai kegiatan nuklir Iran. Amerika Serikat menjadikan alasan itu untuk menekan Teheran agar menghentikan pengayaan uranium. Antara

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif