News
Jumat, 10 Februari 2012 - 17:37 WIB

PENYERAPAN BULOG: Harga Beli Tetap, Gubernur Pesimistis Target Serapan Beras Bulog Gagal

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo khawatir Perum Bulog tidak akan mencapai target penyerapan beras petani pada 2012 jika harga pokok pembelian komoditas tersebut tidak dinaikkan. “Pada 2011 lalu, target penyerapan beras sebesar 650 ribu ton oleh bulog saja tidak terpenuhi,” kata Bibit, Jumat (10/2/2012). Terlebih lagi, kata dia, pada 2012 target penyerapan besar oleh Perum Bulog mencapai 780 ribu ton.
Advertisement

Menurut dia, kondisi tersebut telah disampaikan saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR beberapa waktu lalu untuk mendapat dukungan agar direspons oleh pemerintah. Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2009 tentang Perberasan, besaran harga pokok pembelian beras oleh Bulog sebesar Rp5.060 per kilogram. Ia mengusulkan harga pokok pembelian oleh Bulog minimal sebesar Rp7.000 per kilogram. “Namun dengan catatan, Bulog tetap diberi kebebasan untuk membeli beras dengan harga berapa pun, ketika harga di pasaran tinggi,” katanya.

Permasalahan ketahanan pangan, kata dia, sangat tergantung dari komitmen pemerintah pusat dalam upaya mencapainya. Ia mencontohkan, target produksi beras sebesar 10 juta ton pada 2014. Jawa Tengah sebagai salah satu lumbung pangan nasional, katanya, siap mendukung target pemerintah tersebut. Namun, ia menegaskan komitmen pemerintah dalam upaya pencapaian target tersebut seperti bantuan sarana pertanian, anggaran perbaikan sistem irigasi, dan benih unggul.

Pada 2012, kata dia, Jawa Tengah siap mencapai surplus beras hingga 2,6 juta ton. Ia optimistis target tersebut akan terwujud dengan dukungan seluruh komponen di lingkungan pemerintah provinsi itu.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Ant

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif