Soloraya
Kamis, 9 Februari 2012 - 22:45 WIB

MEDIAN JALAN Depan Hailai Tak Kunjung Diperbaiki

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO--Pembongkaran median jalan di depan tempat hiburan Hailai Internasional Jl Adisucipto Solo sangat disayangkan sejumlah kalangan. Bahkan, sejak dibongkar lebih dari sebulan silam, hingga kini rupanya belum ada penanganannya.

Advertisement

Sejumlah kalangan mendesak Pemkot Solo agar mengembalikan fungsi median jalan di persimpangan Fajar Indah itu kepada aslinya tanpa pandang bulu.

Pantauan Espos, Kamis (9/2/2012), sebagian median jalan di Persimpangan Fajar Indah tersebut dibongkar lebih dari sebulan lalu. Padahal, arus lalu lintas di jalan tersebut sangat padat dan rawan terjadi benturan kendaraan karena menjadi tempat persimpangan.

Salah satu pengguna jalan, Rozy menegaskan bahwa pembongkaran median jalan tanpa alasan yang jelas justru memperkuat dugaan masyarakat bahwa ada kepentingan di baliknya. Padahal, tegasnya, jalan raya adalah milik publik yang tak seorangpun berhak mengusainya. “Kami orang-orang pinggiran bisa kian terpinggirkan jika Pemkot tak tegas dalam menerapkan aturan,” paparnya.

Advertisement

Terkait hal itu, Rozy yang juga Sekjen Solidaritas Masyarakat Pinggiran Solo (Sompis) mendesak Pemkot bersikap tegas dalam menjalankan setiap aturan yang berlaku. Pemkot harus bisa melindungi warganya tanpa melihat kelas ekonomi.  “Tak dibenarkan itu. Kalau dibongkar hanya karena ada kepentingan dengan pemilik Hailai, maka Pemkot telah bersikap tak profesional,” tegasnya.

Menurut Rozy, jika pembongkaran median jalan itu tak segera diperbaiki, maka cepat atau lambat bakal timbul malapetaka di jalanan. Selain itu, pembongkaran itu juga sebagai bentuk perampasan hak-hak orang-orang pinggiran seperti pengayuh becak yang selama ini sudah terdesak oleh tranportasi mesin.

“Pertimbangannya harus demi keselamatan pengguna jalan. Sudah sebulan lebih dibongkar, kok dibiarkan saja. Ini sangat membahyakan,” terangnya.

Advertisement

Sebelumnya, kalangan DPRD Solo juga menyorot pembongkaran median jalan di depan Hailai itu. Namun, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi berdalih bahwa pembongkaran itu bersifat sementara lantaran untuk menanam detektor penghitung kepadatan lalu lintas.

JIBI/SOLOPOS/Aries Susanto

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif